MOTIVASI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH SE-PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Abstract
Bahasa Arab dan Inggris merupakan dua bahasa internasional yang banyak dipelajari di Indonesia, baik di tingkat menengah maupun perguruan tinggi. Kondisi umum pembelajaran bahasa Arab dan Inggris banyak mengalami kendala yang mengarah pada rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Dengan kata lain efektifitas pembelajaran bahasa Arab dan Inggris sangat dipengaruhi oleh motivasi siswa terhadap kedua bahasa asing tersebut. Bahasa Arab dan Inggris merupakan mata pelajaran wajib yang ada di Madarasah Aliyah (level SMA). Dalam setiap pembelajaran bahasa, siswa memiliki motivasi dan minat yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Hal tersebut disebabkan banyak faktor, baik yang bersifat intern maupun ekstern.
Penelitian ini difokuskan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Koba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dan Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Koba Kepulauan Bangka Belitung dan Kontribusi Motivasi pembelajaran bahasa Arab dan Inggris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa terhadap pembelajaran Arab di MAN 1 Pangkalpinang, MAN 1 Bangka dan MAN 1 Bangka Tengah adalah baik. Dengan rincian MAN 1 Pangkalpinang dengan rerata skor 3,64. MAN 1 Bangka dengan rerata skor 3,61 dan MAN IC Bangka Tengah dengan rerata skor 3,83. Demikian juga motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris juga menunjukkan tafsiran Baik dengan rerata skor MAN 1 Pangkalpinang 3,42, MAN 1 Bangka dengan rerata skor 3,49 dan MAN IC Bangka Tengah dengan rerata skor 3,75. Berdasarkan rincian skor tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar bahasa Arab lebih tinggi daripada motivasi belajar bahasa Inggris.
Downloads
References
Abusyairi, Khairy, ‘Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Budaya’, Dinamika Ilmu, vol. 13, no. 2, 2013.
Agustin, Yulia, ‘Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan’, Deiksis, vol. 3, no. 04, 2015, pp. 354–64.
Dhieni, Nurbiana et al., Metode pengembangan bahasa, Universitas Terbuka, 2014. Djamarah, Syaiful Bahri, ‘Psikologi pendidikan’, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ghufron, M. Nur and Rini Risnawita, ‘Teori-teori psikologi’, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Hidayah, Nurul, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Penerbit Garudhawaca, 2016.
Hidayat, Nandang Sarip, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab’, An-Nida’, vol. 37, no. 1, 2012, pp. 82–8.
Ismail, Zawawi et al., ‘Teknik pengajaran kemahiran bertutur bahasa arab di SMKA di Malaysia’, GEMA Online® Journal of Language Studies, vol. 11, no. 2, 2011.
Janan, Ahmad, ‘Pembelajaran Bahasa Arab dengan Cara yang Menyenangkan’, Jurnal Al’Arabiyah, vol. 3, no. 1, 2006.
Khodijah, Nyayu, ‘Psikologi pendidikan’, Jakarta: Rajawali Pers, 2014. Machmudah, Umi and Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Maliki Press, 2016.
Makruf, Imam, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Need’s Press, 2009.
Megawati, Fika, ‘Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif’, PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, vol. 5, no. 2, 2016, pp. 147–56.
Muradi, Ahmad, ‘Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia’, Jurnal Al Maqayis, vol. 1, no. 1, 2014.
Musgamy, Awaliyah, ‘Pengaruh Alquran dan Hadits terhadap Bahasa Arab’, Jurnal Al-Hikmah, vol. 15, no. 1, 2014, pp. 36–45.
Muslim, Asrul, ‘Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis’, Jurnal Diskursus Islam, vol. 1, no. 3, 2013, pp. 483–94.
Nyayu, Khodijah, ‘Psikologi Pendidikan’, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2014.
Panjaitan, Mutiara O., ‘Analisis standar isi bahasa inggris SMP dan SMA’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 19, no. 1, 2013, pp. 140–55.
Pradhana, Darojatun Yakti and Lyna Latifah, ‘Pengaruh kosa kata bahasa Inggris, dasar komputer dan akuntansi terhadap prestasi belajar MYOB’, Dinamika Pendidikan, vol. 8, no. 2, 2013.
Ramayulis, H., ‘Psikologi agama’, Jakarta, Radar Jaya, 2009.
Ratminingsih, Ni Made, ‘Pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris
induktif berbasis lagu kreasi’, Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 20, no. 1, 2014, pp. 47–58.
Samsuni, Samsuni, ‘Manajemen sumber daya manusia’, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 1, 2017, pp. 113–24.
Sardiman, A.M., Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta, Rajawali Press, 2011. Syawie, Mochamad, ‘Kemiskinan dan kesenjangan sosial’, Sosio Informa, vol. 16, no. 3, 2011.
Tamsir, Tamsir, ‘Pembelajaran bahasa Arab di madrasah’, Jurnal An-Nahdhah, vol. 10, no. 2, 2017.
Wahab, Muhbib Abdul, ‘Peran bahasa arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam’, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 1, no. 1, 2014, pp. 1–20.
Wekke, Ismail Suardi, Model Pembelajaran Bahasa Arab, Deepublish, 2015.
Copyright (c) 2019 Syarifah Syarifah, Sumar Sumar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Scientia: Jurnal Hasil Penelitian agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.