Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Dasar Mahasiswa Alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

  • Syarifah Syarifah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Patonah Suci Lestari
Keywords: Gaya Belajar Hasil Belajar Bahasa Arab Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar dan hasil belajar mahasiswa alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN SAS Babel serta pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Dasar mahasiswa alumni SMK Prodi Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN SAS Babel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Setelah itu dilanjutkan dengan menghitung data yang didapat dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar kinestetik yang mempunyai persentase paling besar pada mahasiswa alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yaitu sebesar 41,93%. Hasil belajar Bahasa Arab Dasar mahasiswa alumni SMK Prodi PAI tergolong kategori “baik” dengan persentase sebesar 22.60% pada interval nilai 70-74,41 dan jumlah frekuensi 7 mahasiswa dari 31 mahasiswa. Gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab Dasar mahasiswa alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 dari hasil analisis koefisien -0,685<1,696 yang artinya <  Dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil korelasi antara variabel gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) dan hasil belajar Bahasa Arab Dasar sebesar -0,126. Hal ini menunjukkan hubungan yang sangat rendah di antara keduanya. Hasil persamaan regresi linier sederhana yaitu U= 95,520- 0,135X. Ini berarti gaya belajar hanya berkontribusi sebesar 16% terhadap hasil belajar dan sisanya 84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel independen seperti faktor keluarga, sekolah, dosen, masyarakat, kondisi fisik, kecerdasan, kondisi panca indra, motivasi, minat, dan sebagainya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan, Nurgiyantoro. 2014. “Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.” Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Chatib, Munif. 2014. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Spesial Dan Semua Anak Juara. Mizan-Kaifa.
Creswell, John W. 2016. “Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar 5.
Dimyati, Mudjiono. 2013. “Belajar & Pembelajaran.” Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M Nur, and Rini Risnawita Suminta. 2012. “Gaya Belajar: Kajian Teoritik.” Pustaka Pelajar.
Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Diva Press.
Idi, Abdullah, and JALALUDDIN JALALUDDIN. 2017. Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat Dan Pendidikan. PT. Rajagrafindo Persada.
Ma’mur, Jamal Asmani. 2009. “Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Dan Inovatif.” Yogyakarta: DIVA Press.
Martono, Nanang. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif.”
Maryati, Sri. 2009. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Di Kota Semarang.” Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
Muhibbin, Syah. 2003. “Psikologi Belajar.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mujib, Fathul, and Nailur Rahmawati. 2012. “Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab.” Jogjakarta: PT Gramedia Purtaka Utama.
Nana, Sudjana. 2009. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.” Bandung: Remaja Rosdakarya.
No, Undang-Undang. 20AD. “Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Nurhayati, Eti. 2018. Psikologi Pendidikan Inovatif. Vol. 2. Pustaka Pelajar.
Olivia, Femi. 2014. Mengoptimalkan Kinerja Otak Anak Di Sekolah. Elex Media Komputindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2019. “Landasan Psikologi Proses Pendidikan.”
Suryabrata, Sumadi. 2011. “Psikologi Pendidikan.”
Suyono, Hariyanto. 2011. “Belajar Dan Pembelajaran.” Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-12-20
How to Cite
Syarifah, S., & Lestari, P. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Dasar Mahasiswa Alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Jurnal Sustainable, 4(1), 58-74. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i1.2158
Section
Articles