Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner
Abstract
The theory of Multiple Intelligences is revealed by Howard Gardner. In this theory, intelligence means the ability to solve problems or fashion products, that are valued in one or more cultural or community settings. This theory indicated that everyone has nine intelligences: linguistic, logical-mathematical, spatial, bodily-kinesthetic, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalist, and existential. The multiple intelligences development can be done with educational methods included Islamic educational methods. This matter is done to establish the happy and humanist Islamic education process and to maximize child's multiple intelligences.
ABSTRAK
Teori Multiple Intelligences diungkapkan oleh Howard Gardner. Dalam teori ini, kecerdasan berarti kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau produk fesyen, yang dinilai dalam satu atau lebih pengaturan budaya atau komunitas. Teori ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki sembilan kecerdasan: linguistik, logis-matematis, spasial, kinestetik-tubuh, musik, antarpribadi, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. Pengembangan kecerdasan ganda dapat dilakukan dengan metode pendidikan termasuk metode pendidikan Islam. Hal ini dilakukan untuk membangun proses pendidikan Islam yang humanis dan bahagia serta memaksimalkan kecerdasan ganda anak.
Downloads
References
Armstrong, Thomas, 7 Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan
Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences, Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama, 2002.
__________, Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan,
Bandung: Kaifa, 2004.
_________, Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan
Multiple Intelligence-nya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Efendi, Agus, Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successful
Intelligence atas IQ, Bandung: Alfabeta, 2005.
Gardner, Howard, Frames of Mind, Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for The
st Century, New York: Basic Books, 1973.
_________, Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for The 21st Century, New York:
Basic Books, 1999.
_________, Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk, Teori dalam Praktek, terj.
Alexander Sindoro, Batam: Interaksara, 2003.
Gunawan, Adi W., Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan
Accelerated learning, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Hoerr, Thomas R., Buku Kerja Multiple Intelligences, terj. Ary Nilandari, Bandung:
Mizan Pustaka, 2007.
Jasmine, Julia, Panduan Praktis Mengajar Berbaris Multiple Intelligences, Bandung:
Nuansa, 2007.
Lwin, May, dkk., How to Multiply Your Child’s Intelligence: Cara Mengembangkan
Berbagai Komponen Kecerdasan, terj. Christine Sujana, Yogyakarta: Indeks,
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta:
RajaGrafindo Persada, 2002.
Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan
Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.
Musrifah, Tadkiroatun, Cerdas Melalui Bermain: Cara Mengasah Multiple Intelligences
Anak sejak Usia Dini, Jakarta: Grasin
Naisaban, Ladislaus, Para Psikolog Terkemuka Dunia: Riwayat Hidup, Pokok Pikiran,
dan Karya, Jakarta: Grasindo, 2004.
Suparno, Paul, Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan
Teori Multiple Intelligences Howard Gardner, Yogyakarta: Kanisius, 2008.
Prashnig , Barbara, The Power of Learning Styles: Memacu Anak Melejitkan Prestasi
dengan Mengenali Gaya Belajarnya, terj. Nina Fauziah, Bandung: Kaifa, 2007.