Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program 3S (Senyum, Sapa, Salam) di SMA Negeri 1 Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka

  • D Oca Faraeta IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Syarifah Syarifah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Saiful Anwar IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: pendidikan karakter, implemntasi prgram 3s

Abstract

Fokus penelitian ini berkenaan dengan implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi  pendidikan  karakter melalui  program  3S  (senyum,  sapa,  salam) dan  untuk memberikan informasi tambahan mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam). Implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam) terdapat dalam tiga kegiatan, yaitu: di dalam kegiatan pengembangan diri, di dalam mata pelajaran, dan di dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian  yang telah  dilakukan diharapkan dapat membantu guru untuk lebih mengembangkan kegiatan dalam program 3S (senyum, sapa, salam). Berdasarkan hasil penelitian,  implementasi  pendidikan  karakter melalui  program  3S  (senyum,  sapa,  salam) sudah  terlaksana  85%.  Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  membantu  guru  untuk mengatasai faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam) di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-31
How to Cite
Faraeta, D., Syarifah, S., & Anwar, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program 3S (Senyum, Sapa, Salam) di SMA Negeri 1 Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(2), 56-62. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i2.1282

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>