Peran Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Jujur Pada Peserta Didik DI SDN 55 Pangkalpinang

  • Yuni Iswanto ISB ATMA LUHUR
Keywords: Peran Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Sikap Jujur

Abstract

Problematika yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya permasalahan pada peserta didik di SD N 55 Pangkalpinang yakni adanya sikap tidak jujur dari peserta didik. Pandemic covid-19 menyebabkan peserta didik diharuskan mengikuti pelajaran dari rumah (BDR). Peserta didik tentu akan meminta bantuan dari orang lain dan ada juga orang tua yang mengerjakan tugas anaknya. Tidak semua peserta didik akan berkata jujur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran interpersonal guru Pendidikan Agama Islam sebagai figurehead dan sebagai leader dalam meningkatkan sikap jujur pada peserta didik di SDN 55 Pangkalpinang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peran interpersonal guru Pendidikan Agama Islam sebagai figurehead dalam meningkatkan sikap jujur pada peserta didik adalah padaaspek pengetahuan : memberikan pengetahuan berupa teori-teori mengenai sikap jujur kepada peserta didik dan pada aspek sikap dan perilaku: memberikan contoh dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai dari sikap jujur, memimpin peserta didik untuk selalu bersikap jujur, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, menegur serta memberi sanksi kepada peserta didik yang melakukan kesalahan. (2) peran interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam sebagail liaison dalam meningkatkan sikap jujur pada peserta didik adalah menjalinkerjasama dengan orang tua peserta didik dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan sekolah.

 

ABSTRACT

 

The problem behind this research is that there are problems with students at  SD N 55 Pangkalpinang, namely the existence of dishonest attitudes from students. The COVID-19 pandemic has forced students to take lessons from home (BDR). Students will certainly ask for help from other people and there are also parents who do their children's assignments. Not all students will tell the truth. The purpose of this study is to describe the interpersonal role of Islamic Religious Education teachers as figureheads and as leaders in increasing honesty among students at SDN 55 Pangkalpinang. The results of this study indicate that: (1) the interpersonal role of Islamic Religious Education teachers as figureheads in increasing honesty in students is in the knowledge aspect: providing knowledge in the form of theories regarding honest attitudes to students and in the attitude and behavior aspects: providing examples and behavior that reflects the values ​​of honesty, leads students to always be honest, upholds the values ​​of honesty, reprimands and gives sanctions to students who make mistakes. (2) the interpersonal role of Islamic Religious Education Teachers as a liaison in improving students' honesty is to collaborate with students' parents and participate in every activity held by the school

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-31
How to Cite
Iswanto, Y. (2022). Peran Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Jujur Pada Peserta Didik DI SDN 55 Pangkalpinang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 77-84. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.2716