Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Anak-Anak Buruh Tani Desa Pinang Sebatang Kecamatan Simpang Karis Kabupaten Bangka Tengah

  • Putri Wulandari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Yuni Iswanto ISB Atma Luhur
Keywords: Peran Orang Tua, Nilai-nilai Akhlak, Buruh Tani

Abstract

Kepribadian anak dibentuk melalui pendidikan agama Islam dalam keluarga yang dilaksanakan oleh orang tua, karena orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari mereka anak mulai menerima pendidikan sehingga bentuk pertama dari pendidikan pertama terdapat dalam kehidupan keluarga. Keberhasilan anak tergantung seberapa banyak pengetahuan pendidikan dan ketekunan orang tua membimbing mereka serta seberapa keyakinan (agama) yang ditanamkan oleh anak. Berbagai macam faktor mempengaruhi perkembangan pendidikan agama di keluarga buruh tani, seperti faktor ekonomi, faktor keteladanan, faktor rendahnya pendidikan orang tua, faktor kurangnya kepedulian terhadap perkembangan pendidikan agama untuk anak.

 

ABSTRACT

 

The child's personality is formed through Islamic religious education in the family carried out by parents, because parents are the main and first educators for their children, because from them children begin to receive education so that the first form of first education is in family life. The success of children depends on how much educational knowledge and perseverance parents guide them and how much faith (religion) is instilled by children. Various kinds of factors influence the development of religious education in farm workers' families, such as economic factors, exemplary factors, factors of low parental education, factors of lack of concern for the development of religious education for children.

Downloads

Published
2022-05-31
How to Cite
Wulandari, P., & Iswanto, Y. (2022). Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Anak-Anak Buruh Tani Desa Pinang Sebatang Kecamatan Simpang Karis Kabupaten Bangka Tengah. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 3(2), 72-79. https://doi.org/10.32923/lenternal.v3i2.2323