Sinkretisme Dalam Tradisi Buchu Kendit Ditinjau Dari Pendidikan Islam

  • Kumaidi Kumaidi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Rinwanto Rinwanto Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Nurlaela Nurlaela Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: sinkretisme, buchu kendit, pendidikan islam

Abstract

Penilitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan struktur luar dan struktur dalam serta mendeskripsikan perwujudan singkretisme yang ada pada tradisi Bucu Kendit di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) tradisi bucu kendhit memiliki struktur luar (surface structure) meliputi: a) pra upacara dan kompenen penyusun; b) proses pelaksanaan, dan c) ubarampe, sedangkan struktur dalam tradisi Bucu Kendhit (deep structure) meliputi: : a) kepercayaan masyarakat terhadap tradisi Bucu Kendhit; b) adanya fungsi tradisi Bucu Kendhit yang teridiri dari fungsi sosial dan fungsi religi; c) makna filosofi tradisi Bucu Kendhit yang terdiri dari makna kebendaan, makna perilaku, dan makna ucapan atau ujaran; 2) tradisi Bucu Kendhit di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban memiliki tradisi slametan sebagai perwujudan sinkretisme yang mengandung tiga unsur yaitu: unsur Hindu, unsur Jawa, dan unsur Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Kumaidi, K., Rinwanto, R., Isroani, F., & Nurlaela, N. (2023). Sinkretisme Dalam Tradisi Buchu Kendit Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 202-207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3635
Section
Articles