Pengaruh Media Google Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Prestasi Belajar Siswa

  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
Keywords: media, google classroom, learning achievement, student

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media google classroom terhadap prestasi belajar siswa. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket sebagai instrumen pengumpulan data primer. Sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase dan teknik product moment untuk data kuantitatif. Dari hasil data kuisioner diketahui bahwa penggunaan media Google Classroom termasuk dalam kategori kurang baik, mulai dari pedoman baku 36% - 55% karena persentase baik hanya 53%, sedangkan persentase buruk adalah 47%. Prestasi belajar siswa dinyatakan sangat baik, karena berdasarkan hasil distribusi frekuensi variabel Y, 80% kategori nilai sangat baik, 10% kategori nilai Baik, 0% kategori sedang. kategori nilai, dan 10% berada pada kategori skor buruk. Pada hasil analisis data statistik, indeks korelasi “r” Product Moment (rxy) adalah -0,141 dan nilai tabel “r” product moment dengan df 28, taraf signifikansi 5% adalah 0,361 dan 1% taraf signifikansi 0,463, nilai hasil rxy lebih kecil dari nilai tabel “r” product moment. Jadi Ho diterima, sedangkan Ha ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-05
How to Cite
Isroani, F. (2022). Pengaruh Media Google Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 440 - 446. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3113
Section
Articles