The Relationship Between Students’ English Interest and Vocabulary Mastery Toward Writing Ability

  • Iful Rahmawati Mega STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Penguasaan Kosakata, Minat Bahasa Inggris, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi ganda. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara penguasaan kosakata Bahasa Inggris, dan minat Bahasa Inggris terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris mahasiswa Program TOEFL dari Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, baik secara parsial dan kesinambungan. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis tes sebagai teknik pengumpulan data yaitu tes pilihan ganda untuk mengambil data vocabulary, tes essay untuk mengambil data kemampuan menulis, serta menggunakan angket untuk mengumpulkan data minat Bahasa Inggris mahasiswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti Program Kelas TOEFL, dengan diambil 30 mahasiswa secara random sebagai sampel penelitian. Teknik pengolahan data dari penelitian ini menggunakan analisis single dan multiple korelasi dan regresi.  Hasi akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara penguasaan kosakata Bahasa Inggris, dan minat Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris mahasiswa Program TOEFL dari Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, baik secara parsial dan kesinambungan. Hubungan positif ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan minat Bahasa Inggris cenderung naik dan turun bersamaan dengan kemampuan menulis Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles And Classroom Practises. New York: Pearson Education, Inc.

Burhanudin dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Buscemi, Santi V. 1999. A Reader for Developing Writers. USA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Cahyani, I dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Cameron, Lynne. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Coady, J and Huckin. 1998. Second Language Acquisition: a Rationale for Pedagody. New York: Cambridge University Press

Foo, T.,V., et al. 2012. The Effectiveness of Writing Apprehension in English on the Writing Process of Jordanin EFL Students at Yarmouk University. School of Languages, Literacies and Translation University Sains Malaysia

Harris, John. 1993. Introduction Writing. London: Penguin Group. Hedge, Tricia. 1998. Writing. Oxford: Oxford University Press.

Hughes.1996. Testing for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Linse, Caroline T. 2006. Practical English Language Teaching: Young Learners. New York: McGraw-Hill Companies.

Nation, I. S. P. 2008. Teaching Vocabulary: Strategy and Teaching. Boston: Heinle Cengage Learning.

Nunan, David. 1998. Language Teaching Methodology. London: Prentice Hall International. Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology. London: Prentice Hall.

Nurhidayati. 2006. Hubungan antara Minat dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (Thesis). Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Nur Kholit Hazin. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Terbit Terang. Oshima, Alice and Ann Hogue. 2006. Writing Academic English. New York: Pearson Education.

Peha, Steve. 2002. What is Good Writing. www.ttms.org.

Published
2018-12-07
How to Cite
Mega, I. (2018). The Relationship Between Students’ English Interest and Vocabulary Mastery Toward Writing Ability. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 3(2), 121-141. https://doi.org/10.32923/sci.v3i2.737
Section
Articles