Inclusive Education in English Language Teaching : Bridging the Gap Between Ideals and Practice

  • Neni Nurkhamidah Universitas Media Nusantara Citra
Keywords: Inclusive education, English language teaching, Elementary school

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan pendidikan inklusif di sebuah sekolah dasar, yang mengintegrasikan siswa dengan kebutuhan khusus di dalam kelas Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT). Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggabungkan wawancara, analisis dokumen, dan observasi kelas untuk mengetahui kesenjangan antara ideal dan praktik nyata pendidikan inklusif berdasarkan konsep multifaset. Temuan menunjukkan bahwa meskipun pimpinan di sekolah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, terdapat kesenjangan signifikan dalam mengadaptasi strategi pengajaran, penilaian, dan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus. Studi ini menyoroti pentingnya memberikan pelatihan berkelanjutan kepada guru, menyediakan materi khusus, dan memperkuat sistem dukungan agar semua siswa dapat sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran. Pada akhirnya, penelitian ini menekankan perlunya upaya kolaboratif antara kepemimpinan sekolah, guru, orang tua, dan lembaga pemerintah untuk menciptakan pengalaman pendidikan inklusif yang benar-benar menyeluruh bagi semua siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-27
How to Cite
Nurkhamidah, N. (2024). Inclusive Education in English Language Teaching : Bridging the Gap Between Ideals and Practice. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 9(2), 19-35. https://doi.org/10.32923/sci.v9i2.4985
Section
Articles