Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Al-Qur’an berperan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia agar selamat dan tidak tersesat. Oleh karena itu, pembelajaran Al-Qur’an perlu dimulai sejak dini karena kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pemudanya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak peserta didik yang kurang peduli terhadap pembelajaran Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh kurangnya bimbingan dan arahan dari guru atau orang tua serta kemalasan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan mengkaji dan menganalisis berbagai jurnal, artikel, buku, skripsi, dan prosiding yang berkaitan dengan topik ini. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat peserta didik antara lain: 1) Menjadi Uswatun Hasanah (teladan yang baik), 2) Memberi motivasi, 3) Menerapkan program pembiasaan, 4) Memberi reward (apresiasi), dan 5) Memberi punishment (hukuman). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada peserta didiknya. Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pemudanya, dan keberhasilan peserta didik bergantung pada kualitas seorang guru .
Downloads
References
Anggraini, s., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis DAmpak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kalieiwu Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393
Anjarwani, T. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Siswa kelas VII di SMP Swasta Karya Bunda Kec. Percut Sei Tuan (Doctoral dissertation, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.unisuu.ac.id/id/eprint/4360
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Dahlan, M. (2018). Menjadi Guru yang Bening Hati (Strategi Mengelola hati di Abad Modern). Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Group penerbitan CV Budi Utama). Karakter. Jakarta: Grasindo
Firdaus. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19-29.
Huda, F. A., (2020, Juni 27). “Pengertian Kedisiplinan Guru”, diakses pada 09 Januari 2023, dari https://fatkhan.web.id/pengertian-kedisiplinan-guru/
Humaidin, M. (2021, Maret 19). “Indikator Pribadi Guru yang Baik”, diakses pada Januari 09, 2023, dari https://www.gurusiana.id/read/muhammadhumaidin/article/indikator-pribadi-guru-yang-mandiri-3612033/#!
Juliawanti, L. (2022, Februari 11) “Pengertian Reward, Manfaat, Jenis, dan Syarat Pemberiannya”. Diakses pada Januari 10, 2023, dari https://lifepal.co.id/media/reward-adalah/
Khotimah, S. K. (2019). Upaya Guru Al-Quran Hadits Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Quran Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung.
Marki. J. M. “Keutamaan Membaca Al-Qur’an”. (April 18, 2021). Diakses pada januari 10, 2023, dari https://kemenag.go.id/read/keutamaan-membaca-al-qur-an-9n4na
Ma’ruf. M. A. (2019). Skripsi: “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Membiasakan Membaca Al-Qur’an di MTS Imam Al-Ghazali Panjerejo Tulungagung”. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12243
Mufaricha, R. (2020). “Upaya Peningkatan Kualitas Peembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an DI TPQ Sjamsoel Arifien Lowokwaru Malang”. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim
Muhsin, A. (2017). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. Vol. 2. No. 2.
Restyawan, R. (2017). Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman). Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/123456789/27807
Rohmad, M. A. (2019). “Wibawa Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius” PROSIDING, 82
Sagran, L. S. (2020). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an (Studi Kasus di SMP Islam Al-Ma’arif Singasari Malang). Skripsi: Malang: UNISMA. Hal. 2.
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan guru sebagai sarana penerapan pendidikan karakter siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29-33. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Tajudin, A., Sarbini, M., & Maulida, A. (2020). Peran Guru Tahfizh Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas V SDIT Al Hikmah Depok Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 23-31. Doi: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2.693
Upaya. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 09 Januari 2023, dari https://kbbi.web.id/upaya
Copyright (c) 2024 Andri Ardiansyah, Siti Khairiyyah Husna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Scientia: Jurnal Hasil Penelitian agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.