Manajerial Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajerial kepala sekolah yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan kepala sekolah terhadap sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam membentuk dan memperbaiki sikap siswa di SD Negeri Se-Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan termasuk kepada jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan informan penelitiannya adalah para kepala sekolah SD Negeri Se-Kecamatan Taman Sari Pangkalpinang. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kepala sekolah di SD Negeri Se-Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang sudah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, karena kepala sekolah telah menjalankan fungsinya yakni ; 1) kepala sekolah telah melakukan perencanaan program-program kerja. 2) Kepala sekolah melakukan pengorganisasian sarana prasarana kepala sekolah membuat struktur organisasi yang jelas, pembagian tugas yang jelas dengan adanya job description untuk setiap SDM dan tenaga kependidikan, fungsi dan wewenang serta tanggung jawab 3) Kepala sekolah mampu melakukan pengarahan dan pelaksanaan sarana prasarana kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu menyampaikan visi misi dan tujuan sekolah kepada seluruh stakeholders sekolah. 4) Kepala sekolah selalu melakukan pengawasan terhadap seluruh staf di sekolah mulai dari pengawasan kegiatan belajar mengajar sampai dengan pengawasan dalam bidang administrasi kesiswaan dan tenaga kependidikan. Faktor pendukung dan penghambat proses penerapan manajerial Kepada Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Kecamatan Taman Sari Pangkalpinang yaitu dengan adanya guru, lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan penghambatnya terbatasnya media pembelajaran, sebagian guru belum menguasai teknologi pendidikan dan metode pembelajaran yang digunakan belum tepat.
Downloads
Copyright (c) 2024 Indriani Novita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work