Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Picture Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Kelas IV

  • Selamet Farida Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Siti Zuliana IAIN Kudus
  • Eva Luthfi Fakhru Ahsani Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Make a Match, Media Kartu Bergambar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match dengan menggunakan picture card (kartu bergambar) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi “Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan” pada siswa kelas IV SD 01 Temulus Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan subyek siswa kelas IV. Data dianalisis menggunakan teknik penilaian rata-rata hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar  pada siklus I adalah 73,33 dan meningkat menjadi 82,22 pada siklus II. Selanjutnya persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 77,8%, meningkat menjadi 88,9% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30
How to Cite
Farida, S., Zuliana, S., & Fakhru Ahsani, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Picture Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Kelas IV. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 73-84. https://doi.org/10.32923/edugama.v10i1.3044