Zikir Nabi Yunus A.S sebagai Pendidikan Tauhid dalam Mengatasi Kecemasan di Masa Covid-19

Main Article Content

Siti Aminah

Abstract

The Covid 19 pandemic causes a variety of reactions among these is anxiety. Anxiety results from social isolation, lack of interaction, limited physical movements and changing stress. Anxiety can certainly be overcome, one by applying tauhid's education of dzmikees. Zikir can serve as a restraint because to think that a servant always remembers god, his prohibitions and commands, so as to make one more cautious in his actions and behavior. One of the applicable Zikir is the Nabi Yunus A. S, with this vessel he was saved by god almighty from the belly of the big fish. Zikir the Nabi Yunus A.S is a prayer uttered by the Nabi Yunus A.S when drawn to god, of a quality he ought not to be patient with. The study aims to introduce and remind that Zikir the Nabi Yunus A.S tauhid's education can be one way of coping with the anxieties of Covid 19. The study is a fieldwork with a qualitative approach. Research has found that; First, the dismay felt by society at this crucial time was still in the normal category; Second, acting, acting, and being patient are helpful in coping with and coping with anxiety during the Covid pandemic 19.


Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai macam reaksi salah satunya ialah kecemasan. Kecemasan diakibatkan dari isolasi sosial, kurangnya interaksi, gerakan fisik yang terbatas dan stressor yang berubah. Kecemasan tentu dapat diatasi, salah satunya dengan menerapkan pendidikan tauhid berupa zikir. Zikir dapat berfungsi sebagai kontrol diri karena dengan berzikir seorang hamba selalu mengingat Allah swt, segala larangan dan perintahnya, sehingga akan membuat seseorang lebih hati-hati dalam bertindak dan berperilaku. Salah satu zikir yang dapat diterapkan adalah zikir Nabi Yunus A.S, dengan zikir inilah beliau diselamatkan oleh Allah swt. dari perut ikan besar. Zikir Nabi Yunus A.S merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus A.S ketika bertaubat kepada Allah swt. dari sifat yang seharusnya tidak ada dalam dirinya yaitu tidak sabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengingatkan bahwa zikir Nabi Yunus A.S sebagai pendidikan tauhid dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan pada masa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa; Pertama, kecemasan yang dirasakan oleh masyarakat pada masa pendemi ini masih dalam kategori wajar; Kedua, berzikir, bertaubat dan bersabar mampu membantu dalam mengatasi dan menghadapi kecemasan di masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aminah, S. (2020). Zikir Nabi Yunus A.S sebagai Pendidikan Tauhid dalam Mengatasi Kecemasan di Masa Covid-19. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 55-70. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1397
Section
Articles