Manajemen Kepala Madrasah Dalam Membina Afektif Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Jada Bahrin Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka)
Abstract
ABSTRAKMANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA AFEKTIF SISWA (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Terpadu Jada Bahrin
Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka)
Oleh
Gunadi
NIM. 228101001
Maraknya berbagai kasus pelanggaran yang dialami oleh siswa menjadi alasan kuat dibutuhkannya manajemen kepala madrasah. Untuk itu, dibutuhkan sistem manajemen yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang dapat membina afektif siswa. Madrasah Aliyah Terpadu Jada Bahrin merupakan madrasah yang mempunyai manajemen kepala madrasah untuk mengelola pembinaan kesiswaan, peningkatan kedisiplinan siswa dan mengatur siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih rinci tentang manajemen kepala madrasah dalam membina afektif siswa. Sehingga dapat membantu siswa dalam menerapkan kewajibannya sebagai seorang pelajar di madarasah dan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan model analisis Miles dan Huberman yang mencakup prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut : (1) Manajemen kepala madrasah dalam membina afektif siswa melalui empat tahapan yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dengan menyusun program-program inovasi yang mendukung pembinaan afektif, organisasi dengan pembagian tugas, pelaksanakan dengan program-program inovasi, dan tahapan evaluasi dengan melibatkan tim internal madrasah. (2) Faktor yang mempengaruhi manajemen kepala madrasah dalam membina afektif siswa terdiri dari faktor internal dan ekstrenal. Faktor internal meliputi kepemimpjnan pribadi, keterampilan manajerial, dan visi pendidikan. Faktor eksternal terdiri dari regulasi pemerintah, dukungan komunitas, dan kondisi ekonomi. Pihak madrasah masih perlu mendapatkan pelatihan yang berkesinambungan terkait manajemen, kerjasama dengan komunitas dan regulasi pemerintahan.
Downloads
References
Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86.
Carlyna, A., Ahmad, S., & Kesumawati, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Membina Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14046–14057.
Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.
Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.
Jordi. (2024a). wawancara bersama wakakur. Jada Bahrin: 4 februari.
Jordi. (2024b). wawancara dengan wakakur. Jada Bahrin: 27 Januari.
Khulaidah, F. H. (n.d.). Kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN Kendal.
Mashar, A. (2019). Manajemen Strategik Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 39–54.
Musfah, J. (n.d.). Manajemen Kurikulum; Mengembangkan Afektif Murid.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.
Nim, A. R. (2022). Kompetensi Kepribadian Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Mas Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Pascasarjana Iain Kendari.
Oktaviana, D. S. (2021). Peran Manajemen Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati. IAIN KUDUS.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Riyanto, M., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Anggereni, D. T. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Perencanaan, Implementasi, Penilaian Dan Tindak Lanjut Supervisi Akademik. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 21–30.
Samsurrijal, A. (2021). Manajemen Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Singgahan Tuban. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 152–161.
SATRIA, I. (2018). Penilaian sikap afektif sebagai alternatif dalam penilaian mata pelajaran ilmu sosial. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 55–66.
Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.
Sitompul, H. (2016). Metode keteladanan dan pembiasaan dalam penanaman nilai-nilai dan pembentukan sikap pada anak. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 4(1).
Sugianti, I., Yanto, M., & Bahri, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membentuk Prestasi Kegiatan Ekstrakulikuler Di MIN 04 Kepahiang. Pascasarjana.
Sulastri, S. (2013). Upaya Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Komunikasi Organisasi yng Kondusif di Sekolah.
Sumarno, S., & Syafaruddin, S. (2017). Manajemen pembelajaran dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 kota Lhokseumawe. ITTIHAD, 1(2).
Suryapermana, N., Fauzi, A., Nihayah, I., & Nadhiroh, Y. F. (2022). Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Studi di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar dan Syekh Manshur Pandeglang. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 104–126.
Susanti, S., Lian, B., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657.
Susanti, S. S. (2022). Manajemen Ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah Dalam Membina Kesalehan Intelektual Siswa Di Sma Kabupaten Bandung. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 19–36.
Tamrin, H., Nuzuar, N., & Dedi, S. (2019). Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), 70–82.
Taqiyudin. (2024a). wawancara bersama kepala madrasah. Jada Bahrin: 30 Januari.
Taqiyudin. (2024b). wawancara bersama kepala madrasah. Jada Bahrin: 31 Januari.
Taqiyudin. (2024c). wawancara bersama kepala madrasah. Jada Bahrin: 3 februari.
Taqiyudin. (2024d). wawancara dengan kepala madrasah. Jada Bahrin: 29 Januari.
Taqiyudin. (2024e). wawancara dengan kepala madrasah. Jada Bahrin: 28 Januari.
Taqiyudin. (2024f). wawancara dengan kepala madrasah. 26 Januari.
Taqiyudin. (2024g). wawancara dengan kepala madrasah aliyah. Jada Bahrin: 27 Januari.
Wijaya, C. (2019). Supervisi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Guru. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 65–76.
Yanto, M. (2020). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 176–183.
Zainuddin, M. R. (2014). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (pai). EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 2(2), 250–262.
Zakiyah, Q. Y., & Munawaroh, I. S. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1).
Copyright (c) 2024 Gunadi Zubaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.