Peran Guru BK Dalam Memberikan Layanan Informasi Untuk Mereduksi Dampak Negatif Media Sosial

  • Sarah Bela Rahmadona IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Nikmarijal Nikmarijal IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Guru BK, Layanan Informasi, Media Sosial

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah layanan pemberian bantuan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk peserta didik karena setiap sekolah tentu memiliki peserta didik dengan permasalahan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Bimbingan dan konseling memiliki beberapa jenis layanan, salah satunya adalah layanan informasi. Layanan informasi merupakan layanan yang betujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai suatu topik. Layanan informasi digunakan untuk mengatasi permasalahan peserta didik yang berkenaan dengan kegiatan belajar mengajar atau kehidupan sehari-hari misalnya adalah masalah tentang dampak negatif media sosial.

Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan atas proses pemberian layanan informasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling untuk mereduksi dampak negatif media sosial bagi siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Kelapa. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kepada beberapa informan. Selain itu, didukung oleh dokumentasi yang relevan dengan topik penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk layanan informasi yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling bagi siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Kelapa terdiri dari dua tahap yaitu tahap perencanaan layanan serta tahap pelaksanaan layanan dengan tujuan untuk mereduksi dampak negatif berupa menurunnya prestasi, menurunnya interaksi sosial, dan kecanduan internet. Selain itu, dapat diketahui bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam menggunakan layanan informasi untuk mereduksi dampak negatif media sosial bagi siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Kelapa adalah merencanakan layanan, melaksanakan layanan, mengevaluasi layanan, dan melakukan tindak lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-03
How to Cite
Rahmadona, S., & Nikmarijal, N. (2023). Peran Guru BK Dalam Memberikan Layanan Informasi Untuk Mereduksi Dampak Negatif Media Sosial. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 4(1), 34 - 37. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/3597