Pemanfaatan Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pangkalpinang

  • Nurul Faqih Isro'i IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Soraya Fatmawati Universitas Teknnologi Yogyakarta
  • Nikmarijal Nikmarijal IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Media Pembelajaran, Media BK, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling di beberapa sekolah selama ini masih terbatas dengan penggunaan metode ceramah tanpa bantuan media. Kurangnya pemanfaatan ini bisa dikarenakan kurangnya fasilitas yang tersedia, faktor latar belakang pendidikan guru BK yang tidak sesuai dengan keilmuannya, kurang inisiatif guru, dan lain sebagainya. Media memiliki peran besar dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Pemanfaatannya perlu dimaksimalkan untuk mempermudah dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam terkait dengan Pemanfaatan Media dalam Layanan Bimbingan dan Konseling khususnya pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pangkalpinang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pangkalpinang. Populasi penelitian meliputi 5 sekolah di kota Pangkalpinang dengan status negeri maupun swasta. Sampel penelitian untuk siswa menggunakan teknik simple random sampling.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-21
How to Cite
Isro’i, N., Fatmawati, S., & Nikmarijal, N. (2021). Pemanfaatan Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pangkalpinang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 32 - 37. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/2880

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>