CULTIVATING ISLAMIC EDUCATIONAL VALUES IN STREET CHILDREN THROUGH THE RUMAH DEDIKASI INDONESIA (KRDI) COMMUNITY IN MAKASSAR
Abstract
This study examines the instillation of Islamic educational values by the Indonesian Dedication House Community (KRDI) among street children in Makassar City. The main focus of this study is the form of instillation, the methods used, and the obstacles faced by the community in implementing non-formal education programs for street children. This study uses a qualitative approach with descriptive and phenomenological methods. Primary data were obtained from the General Chairperson of KRDI, mentors, volunteer teachers, and street children, while secondary data consisted of documents and reports related to KRDI activities. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation, then analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions with validity tests using data triangulation. The results of the study indicate that KRDI plays a strategic role in fostering street children through religious education, character education, and the development of interests and talents. Obstacles that arise include limited teaching staff, the diverse character backgrounds of street children, and lack of support from parents. The implications of this study highlight that Islamic value-based education models can serve as alternative solutions for non-formal education among marginalized urban groups.
Downloads
Copyright (c) 2025 Besse Ruhaya, Syarifuddin Idris, Andi Baso Darussalam, Muhammad Muhaimin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Untuk semua artikel yang dimuat di Mawa'izh (Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan), hak cipta tetap milik penulis. Penulis memberikan izin kepada penerbit untuk mengumumkan karyanya dengan syarat. Ketika naskah diterima untuk diterbitkan, penulis menyetujui pengalihan otomatis hak penerbitan kepada penerbit.
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan karya tersebut dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka )
SURAT PENUGASAN HAK CIPTA
Sebagai penulis Jurnal Mawa'izh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Indonesia, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Menyatakan:
- Makalah saya asli; tulisan saya sendiri dan belum pernah dipublikasikan/diusulkan pada jurnal dan publikasi lain.
- Makalah saya bukan plagiarisme melainkan ide/penelitian asli saya.
- Makalah saya tidak ditulis oleh bantuan lain, kecuali dengan rekomendasi Dewan Editor dan Reviewer yang telah dipilih oleh jurnal ini.
- Dalam makalah saya, tidak ada tulisan atau pendapat lain kecuali yang disebutkan dalam daftar pustaka dan relevan dengan kaidah penulisan di jurnal ini.
- Saya membuat tugas ini dengan pasti. Jika ada distorsi dan ketidakbenaran dalam penugasan ini, nanti saya akan bertanggung jawab sesuai hukum yang berlaku.