Pengelolaan Pembelajaran Melalui Metode Jigsaw Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMPIT Khairunnas Bengkulu

  • Rita Prima Bendriyanti Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Citra Dewi Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Wiza Fitriani Program Pascasarjana Universitas Bengkulu, Indonesia
Keywords: metode jigsaw, minat belajar, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Korelasi metode Jigsaw terhadap  minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMPIT Khairunnas Bengkulu. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan ada tidaknya korelasi antara minat belajar dengan hasil penggunaan Metode Jiksaw terhadap minat belajar  siswa pada pembelajaran Bahasa kelas IX SMPIT KHairunnas Kota Bengkulu. Metode penelitian yaitu metode deskriptif dengan bentuk studi korelasi. Hasil penelitian adalah terdapat korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran Bahas Indonesia  kelas IX SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa minat belajar yang dimiliki oleh siswa kelas IX Smpit  Khairunnas Kota Bengkulu memiliki hubungan dengan metode Jigsaw terlihat dari hasil refleksi tim guru mitra dan Dosen yang ikut terjun ke dalam kelas mengikuti serta mengamati proses pembelajaran tersebut. Metode jiksaw mempu meningkatkan minat belajar siswa yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiti, D. K. S., & Murda, I. N. (2017). Penereapan Metode Pembelajaran Jgsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD. Journal Of Education Action Research, 1(2), 94–107.
Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahnu Akademik 2018/2019. Jurnal Kredo, 2(2), 256–267.
Hadari, N. (2007). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta:Gadjah Mada Universitas Press.
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung:CV Wacana Prima.
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Lasmawan. (2010). Kinerja Ideal Praktisi dan Administrator Pendidikan Dalam MBS dan Otonomi Sekolah. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Nashirotun, B. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Jigsaw dan Media Tubuh Manusia pada Pembelajaran IPA di MTs. Negeri 4 Klaten Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 402–407.
Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Bandung:Mulia Mandiri Press.
Sholihah, A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2018). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP. In Hermayawati, Nuryadi, B. S. Troreh, E. Hartati, A. T. Wibowo, F. Kurniawan, I. Yuliasri, & K. P. Putra (Eds.), Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital (pp. 160–167). Yogyakarta:mbridge press.
Published
2022-06-24
How to Cite
Bendriyanti, R., Dewi, C., & Fitriani, W. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Melalui Metode Jigsaw Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMPIT Khairunnas Bengkulu. Jurnal Sustainable, 5(1), 167-171. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2841
Section
Articles