Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asertivitas dan Prestasi Ekonomi Siswa

  • Diah Novianti IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik
Keywords: pola asuh, status sosial ekonomi, gaya mengajar, asertivitas, prestasi belajar ekonomi

Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) pola asuh orang tua terhadap asertivitas siswa, (2) status sosial ekonomi orang tua terhadap asertivitas siswa, (3) gaya mengajar guru di kelas terhadap asertivitas siswa, (4) asertivitas siswa  terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, dan (5) pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, status sosial ekonomi orang tua, gaya mengajar guru di kelas, dan asertivitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi.

        Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto randomized control dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: analisis statistik deskriptif melalui perhitungan mean (M), median (Me), modus (Mo), dan standar deviasi (SD); analisis jalur (path analysis) untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang diperoleh diolah dengan bantuan Amos 21.0.

        Hasil penelitian ini menunjukkan: pola asuh orang tua terhadap asertivitas siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur (R) sebesar 0,237 dan p=0,003 (p<0,05); tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua  dengan asertivitas siswa; terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap asertivitas siswa dengan nilai R sebesar 0,393 dan p=0,000 (p<0,05); terdapat pengaruh positif dan signifikan antara asertivitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai R sebesar 0,212 dan p=0,044 (p<0,05; terdapat pengaruh pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, gaya mengajar guru dan asertivitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa secar bersam-sama dengan nilai R2 sebesar 0,043.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-20
How to Cite
Novianti, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asertivitas dan Prestasi Ekonomi Siswa. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(1), 39-49. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i1.2141
Section
Articles