Urgensi Pendidikan Literasi Media Digital untuk Meningkatkan Tingkat Kecakapan Digital

  • Yera Yulista IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Dunia Maya, Literasi Media Digital

Abstract

Pada saat ini kita sudah memasuki era dunia maya, era yang hidup bersandingan dengan dunia nyata. Dunia maya yang didalamnya terdapat sejumlah aktivitas manusia yang saling keterhubungan satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan masing-masing dari setiap pengguna, interaksi dalam dunia maya yang aktivitas selanjutnya masih dapat dilanjutkan dalam dunia nyata. Hal ini jelas menunjukkan adanya kemajuan teknologi sehingga memudahkan akses untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi, kemajuan teknologi ini jelas akan berdampak pada semakin dipermudahnya aktivitas manusia baik untuk urusan pribadi maupun urusan organisasi sehingga pekerjaan jauh lebih efektif dan efisien didapatkan. Namun sayangnya dibalik kemudahan tersebut kemajuan teknologi dari internet ini juga dimanfaatkan untuk melakukan tindakan yang merugikan orang lain baik dalam penyebaran informasi yang mengandung unsur kebohongan, aksi untuk menjatuhkan orang lain, pornografi,kecurangan, sarana konflik , kriminalitas serta beragam macam aksi tidak terpuji lainnya. Hal ini tentunya sangatlah meresahkan masyarakat, jika solusi masalah ini kurang ditanggapi dengan serius maka akan dikhawatirkan hal yang sama akan terus terulang. Oleh sebab itu sangat diperlukan dukungan dari semua pihak untuk solusi menghadapi penyalahgunaan media internet ini agar masyarakat dapat merasa damaiĀ  menjadi bagian dari masyarakat maya.

Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam rangka memahami masalah tersebut bekerjasama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan Siberkreasi menyusun empat modul yang akan menjadi sebuah program untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menggunakan media digital sehingga akan meningkatkan tingkat kecakapan/kepintaran dalam mengakses internet .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikara Jiwana Gilang dkk. (2021). Modul Aman Bermedia Digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Japelidi, Siberkreasi.

Arif, N. (2019). Public Relations In The Era Of Artificial Intelligence (Bagaimana Big Data dan AI Merevolusi Dunia PR. Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma dan Diskursus Tekonologi Komunikasi di Masyarakat). Kencana Pranada Media Group.

Dkk., M. Z. M. Z. (2021). Modul Cakap Bermedia Digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Japelidi, Siberkreasi.

Dkk, A. I. S. (2021). Modul Cakap Bermedia Digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Japelidi, Siberkreasi.

Dkk, K. F. (2021). Modul Etis Bermedia Digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Japelidi, Siberkreasi.

Gumelar., H. M. dan G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Akademia Permata.

Purwato, J. (2006). Komunikasi Bisnis (Edisi Keti). Erlangga.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pegantar. PT Rajagrafindo Persada.

Waid, A. (2012). Brain Washing untuk Beragam Motif (Panduan Cuci Otak untuk Tujuan-Tujuan Prestasi dan Kesuksesan. Flashbooks.

http://nasional.tempo.co/read/1429014/kominfo-temukan-1-402-hoaks-soal-covid-19

Published
2021-12-18
How to Cite
Yulista, Y. (2021). Urgensi Pendidikan Literasi Media Digital untuk Meningkatkan Tingkat Kecakapan Digital. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(1), `1-11. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i1.1779
Section
Articles