Prevensi Primer Kekerasan Seksual Remaja Melalui Pendekatan Model Information, Motivation, Behavioral Skills (IMB) Di SMP 1 Koba
Abstract
Kasus kekerasan seksual di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan terkhusus di kabupaten Bangka Tengah dimana korban bukan saja pada kaum remaja putri melainkan juga dialami pada remaja putra dan pelaku kekerasan seksual bukan pada orang yang tidak dikenal akan tetapi orang terdekat berpeluang menjadi pelaku kekerasan seksual. Pemerintah telah berupaya dalam mensosialisasikan upaya pencegahan kekerasan seksual dengan melibatkan kalangan kader-kader, sekolah hingga orang tua namun ternyata kasus kekerasan tidak juga mengalami penurunan. Berbagai bentuk pendekatan yang telah pemerintah lakukan akan tetapi hasil yang didapat ternyata belum juga memuaskan dalam menurunkan kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Information, Motivation, Behavioral Skill (IMB) dengan media booklet memiliki peran dalam upaya pencegahan kekerasan seksual. Instrumen untuk pengumpulan data yang diberikan kepada remaja siswa SMP 1 Koba dengan menggunakan angket (kuesioner). Adapun hasil yang diperoleh terdapat perbedaan secara signifikan hasil pre test dan post test dengan p value 0.000<0.05. sehingga disimpulkan bahwa Model IMB memiliki peran positif dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada remaja.
Downloads
Copyright (c) 2024 Chitra Fraghini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Scientia: Jurnal Hasil Penelitian agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.