Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Beragama di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bangka

  • Soleha Soleha IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama, Toleransi Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama dalam Menciptakan Sikap Toleransi Beragama di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menegah Atas Kabupaten Bangka. Pengembangan kurikulum dalam materi pendidikan agama baik di sekolah dan madrasah, terkait dengan toleransi, memberikan pemahaman dan wawasan kepada peserta didik akan pentingnya memahami perbedaan antar agama ataupun sesama agama. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama di sekolah dan madrasah sangat perlu dilakukan untuk menjawab permasalahan kondisi saat ini terkait dengan toleransi beragama. Khususnya di sekolah yang memiliki beragam agama, etnis dan budaya, sehingga sikap toleransi harus di bangun salah satunya melalui penyampaian materi agama dan diaplikasikan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Sikap toleransi beragama yang ada di SMA maupun Madrasah Aliyah, baik sesama agama ataupun antar agama terjalin secara akftif dan dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-30
How to Cite
Soleha, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Beragama di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bangka. SCIENTIA: JURNAL HASIL PENELITIAN, 4(2), 208-237. https://doi.org/10.32923/sci.v4i2.1132