Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Beragama di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bangka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama dalam Menciptakan Sikap Toleransi Beragama di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menegah Atas Kabupaten Bangka. Pengembangan kurikulum dalam materi pendidikan agama baik di sekolah dan madrasah, terkait dengan toleransi, memberikan pemahaman dan wawasan kepada peserta didik akan pentingnya memahami perbedaan antar agama ataupun sesama agama. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama di sekolah dan madrasah sangat perlu dilakukan untuk menjawab permasalahan kondisi saat ini terkait dengan toleransi beragama. Khususnya di sekolah yang memiliki beragam agama, etnis dan budaya, sehingga sikap toleransi harus di bangun salah satunya melalui penyampaian materi agama dan diaplikasikan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Sikap toleransi beragama yang ada di SMA maupun Madrasah Aliyah, baik sesama agama ataupun antar agama terjalin secara akftif dan dinamis.
Downloads
References
Budhy Munawar dan Rahman, Islam Pluralis “wacana Kesetaraan Kaum Beriman”, Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada, 2004.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: Balai Pustaka.
Efri Rantos, Kepala Sekolah SMAN 1 Sungailiat, wawancara tanggal 2 Agustus jam 08.45 WIB. Fadhilah Imam, SMA Setia Budi Sungailiat 40 Tahun di tengah Dinamika Pendidikan Nasional,
Pangkalpinang: CV. Sumber Sarana Prima 2015.
Fristiana Irina, Pengembangan Kurikulum: Teori, Konsep dan aplikasi, Yokyakarta: Parama Ilmu, 2016.
H. Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan PerguruanTinggi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Irwan Abdullah, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Kemendiknas, Bahan pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.
Kimberly Adams Kimberly & A.A. Waskito, Kamus Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris; Reguler Verb Irreguler Verb, Jakarta: PT. Wahyu Media, 2008.
Lickona, Thomas, Character Matters : Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas Dan Kebijakan Penting Lainnya, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2015.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181018153237-20-339600/survei-guru- muslim-punya-opini-intoleran-dan-radikal-tinggi
Maryam, Tesis: Penanaman Sikap Toleransi Siswa dalam Kehidupan Beragama di Sekolah melalui Pendidikan Multikultural (Studi Kasus di SMA Setia Budi Sungailiat Kabupaten Bangka), Program Pascasarjana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, 2018.
Maswardi Muhammad Amin, Pendidikan karakter Anak Bangsa, Jakarta: Baduose Media, 2011. Nana Syaodhi Sukmadinata, Pengembangan kurikulum, Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Nunu Ahmad dan An-Nahidl dkk, Pendidikan Agama di Indonesia: Gagasan dan Realitas, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2010.
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Kerjasama Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT. Remaja Rosdakarya, cet ke-lima, November 2012.
Sabil Mokodenseho, Toleransi Beragama dan Pembelajaran Agama Islam: Harmoni Masyarakat Minoritas Muslim Manado, Proseding Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi, https://www.researchgate.net/publication/321866877, diakses tanggal 12-09- 2018.
Said Agil Husin Al-Munawar, Fikih Hubungan antar Agama, cet.III, Ciputat: PT Ciputat Press, 2005.
Wawancara dengan Siti Maryani, Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sungailiat. W.A.Gerungan, Psikologi Sosial, Ed.3, cet.I, Bandung: PT. Refika Aditama, 2004.
Zakiyuddin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: PT: Gelora Aksara Pratama, 2005.
Copyright (c) 2019 Soleha Soleha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Scientia: Jurnal Hasil Penelitian agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.