Strategi Widyaiswara Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator

  • Drs Gunawan MM BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pangkalpinang
Keywords: motivasi belajar, pelatihan kepemimpinan administrator, widyaiswara, strategi meningkatkan motivasi belajar

Abstract

Pegawai Negeri Sipil berhak untuk mengembangkan kompetensi dirinya sebagaimana disebutkan    pada pasal 4 Peraturan  Lembaga Administrasi  Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Pengembangan  Kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang berbunyi : Pengembangan   kompetensi PNS yang selanjutnya disebut  Pengembangan  kompetensi adalah  upaya   untuk pemenuhan kebutuhan kompetensi PNS dengan standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karier.    Kompetensi tersebut adalah kompetensi  teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Salah satu bentuk  pengembangan  kompetensi PNS adalah  melalui jalur pelatihan.  Jalur   pelatihan  tersebut  adalah  pelatihan  struktural kepemimpinan, pelatihan manajerial, pelatihan teknis, pelatihan fungsional dan pelatihan sosial kultural.

Salah satu bagian  dari pelatihan  struktural  kepemimpinan adalah Pelatihan Kepemimpinan Administrator  (PKA). Melalui  Pelatihan Kepemimpinan Administrator  diharapkan mempunyai kompetensi manajerial jabatan  administrator dan  kompetensi  pemerintahan. Untuk tercapainya  tujuan Pelatihan  Kepemimpinan Administrator maka dilaksanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran terjadi  antara pengajar dalam ini adalah widyaiswara  dan dengan penerima materi pembelajaran  atau dalam hal ini disebut dengan peserta pelatihan.

Dalam kegiatan pembelajaran, widyaiswara menyampaikan materi mata pelatihan  yang diampuhnya. Tujuan pembelajaran materi pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap peserta.  Akan tetapi tujuan pembelajaran ada kalanya tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan.  Tidak tercapainya tujuan pembelajaran tersebut karena adanya faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan tersebut  terdiri dari dua macam yaitu   faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal  terdiri dari faktor fisiologis  (faktor yang berhubungan dengan fisik idividu) dan faktor psikologis (intelegensi/kecerdasan, motivasi, sikap dan bakat) sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi  keberhasilan pembelajaran   yang berasal dari    dari luar individu peserta pelatihan. Faktor  ekternal   dapat digolongakan menjadi  faktor lingkungan   sosial dan dan  faktor  lingkungan  non sosial.

Salah satu faktor yang mempengaruhi  tercapainya tujuan pembelajaran adalah kurangnya motivasi belajar peserta pelatihan. Untuk itulah perlunya strategi widyaiswara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-08
How to Cite
MM, D. (2020). Strategi Widyaiswara Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator. NOURA: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1). https://doi.org/10.32923/nou.v4i1.1462