Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Upaya Pemahaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Studi Kasus SMA Negeri 1 Pomalaa

  • Samsul Bahri IAIN KENDARI
Keywords: Peran Guru PAI, Moderasi Beragama, Peserta didik

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam memberikan pemahaman tentang konsep moderasi beragama bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Pomalaa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 komponen mendasar yang menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini yaitu: Pertama, implementasi moderasi beragama dalam lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Pomalaa telah berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat dengan tidak pernahnya terjadi kekerasan dalam sekolah tersebut yang mengatasnamakan agama; Kedua, penanaman indikator-indikator moderasi beragama yang menjadi jalan untuk menentukan kontentasi dan pergumulan nilai kemoderatan yang ada; Ketiga, peranan guru pendidikan agama Islam dalam memberikan pemahaman moderasi beragama bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Pomalaa dapat dilihat dengan nilai-nilai moderasi beragama yang telah diaplikasikan, adapun nilai-nilai moderasi beragama yang telah diaplikasikan tersebut adalah At-Tawassuth (Tengah-Tengah), I’tidal (Tegak Lurus), Asy Syura (Musyawarah), Al-Ishlah (Perbaikan), Al-Qudwah (Kepeloporan). Kesimpulan penelitian ini bahwa guru pendidikan agama Islam telah berperan aktif dalam memahamkan peserta didik di SMA Negeri 1 Pomalaa tentang konsep moderasi beragama.

Downloads

Published
2024-11-24
How to Cite
Bahri, S. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Upaya Pemahaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Studi Kasus SMA Negeri 1 Pomalaa. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 135-152. https://doi.org/10.32923/edugama.v10i2.4056