Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Siswa MI Muhammadiyah 1 Pare
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dan need asessment kepada guru Bimbingan Konseling di MI Muhammadiyah 1 Pare yang menyatakan bahwa sosial emosional siswa kelas bawah tergolong sedang cenderung rendah dimana siswa kurang berinteraksi sosial dengan baik akibat dampak dari pandemi covid19 serta kurang bisa mengontrol emosi. Selain itu, pemberian layanan bimbingan konseling masih berupa diskusi kelompok, pemberian hukuman dan konseling individual saja dan kurang memanfaatkan fasilitas permainan tradisional yang tersedia. Penelitian ini menggunakan metode riset pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Tujuan riset ini ialah guna menghasilkan produk buku panduan permainan tradisional guna meningkatkan perkembangan sosial emosional siswa MI Muhammadiyah 1 Pare yang memenuhi kriteria aspekbilitas yaitu kegunaan, kemudahan, keakuratan, ketepatan dan kemenarikan serta mengukur keefektifan produk buku panduan. Berdasarkan penilaian para validator, buku panduan permainan tradisional guna meningkatkan perkembangan sosial emosional ini diterima secara teoritis. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian terhadap aspek kegunaan sebesar 79,5%. Hasil penilaian terhadap aspek kemudahan sebesar 78%. Hasil penilaian terhadap aspek keakuratan sebesar 84,5%. Hasil penilaian terhadap aspek ketepatan sebesar 86%. Hasil penilaian terhadap aspek kemenarikan sebesar 83%. Dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 82,2% masuk dalam kategori sangat baik. Kelayakan buku panduan juga diperkuat dari hasil uji coba kelompok kecil yang menunjukkan adanya pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan sosial emosional siswa dengan tingkat keefektifan sebesar 66,52% yang artinya cukup efektif.