Konseling Karir untuk Meningkatkan Kualitas Alumni di SMK Negeri 1 Sigli

  • Teuku Amnar Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) PTI Al-Hilal Sigli
  • Zuriah Zuriah UNIKI
Keywords: konseling, karir, alumni, smk

Abstract

Layanan karir di Sekolah memiliki peranan yang penting terhadap keberhasilan peserta didik dalam menentukan arak karir masa depan. Konseling karir pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki prospek yang lebih luas seperti melaksanakan konseling karir untuk tujuan mempersiapkan peserta didik melanjutkan studi, bekerja dan berwirausaha. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan konseling melalui seminar karir untuk meningkatkan kualitas alumni dan tantangan pelaksanaan layanan konseling karir di SMK Negeri 1 Sigli. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi partisipan dimana peneliti juga sebagai pelaksana kegiatan dan pemateri, kemudian melakukan pengumpulan data menggunakan assessment kebutuhan layanan konseling karir menggunakan google form. Teknik pengumpulan data selanjutnya dilakukan dengan pengumpulan informasi dengan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik penyajian, reduksi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan konseling karir pada SMK dilakukan untuk kebutuhan pendidikan lanjutan, persiapan kerja dan berwirausaha. Pelaksanaan layanan konseling dilaksanakan melalui kegiatan semiar karir yang diperuntukkan untuk semua peserta didik yang berada di kelas XII (dua belas). Kemudian tantangan dalam pelaksanaan konseling karir dalam bentuk seminar karir adalah ketersediaan tempat, waktu pelaksanaan yang lama dan kesadaran peserta didik dalam berkarir.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-23
How to Cite
Saputra, T., & Zuriah, Z. (2024). Konseling Karir untuk Meningkatkan Kualitas Alumni di SMK Negeri 1 Sigli. Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 28-43. https://doi.org/10.32923/couns.v4i1.4510