Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosi, dan Dukungan Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMP Negeri 2 Kademangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris model teoritik efikasi diri, kecerdasan emosi, dan dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas IX SMPN 2 Kademangan. Pengumpulan data menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 212 siswa/i dan pengolahan data dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa secara parsial efikasi diri dan kecerdasan emosi berpengaruh signifikan, sedangkan dukungan keluarga tidak berpengaruh secara langsung terhadap pengambilan keputusan karir. Selanjutnya secara simultanmenghasilkan nilai Fhitung lebih besar dari ftabel (96.202>2.65) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05, maka efikasi diri, kecerdasan emosi, dan dukungan keluarga berpengaruh secara langsung terhadap pengambilan keputusan karir.
KATA KUNCI:
Pengambilan keputusan karir 1, Efikasi diri2, Kecerdasan Emosi 3, and Dukungan keluarga 4