Pendekatan Living Islamic Values untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebermaknaan hidup bagi siswa korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menggunakan pendekatan living islamic values. Kebermaknaan hidup menjadi penting bagi siswa yang menjadi korban KDRT mengingat perannya sebagai pelajar yang harus menuntaskan pendidikan dengan baik. Jenis penelitian ini adalah mixed methods dengan menggunakan strategi transformatif sekuensial. penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimen (Experimental Desing) dengan model Quasi Experiment. Desain penelitian menggunakan The One Group Pretest-Posttest. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa yang mengalami kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang didapati berdasarkan penelusuran Guru BK di SMK Negeri 1 Sigli. Hasil penelitian menunjukkan kebermaknaan hidup siswa korban kekerasan dalam rumah tangga sebesar 0,005 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 (0,005 < 0,05). Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya Pengaruh Living Islamic Value (LIV) dalam peningkatan kebermaknaan hidup siswa korban kekerasan.