Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Negeri 2 Bangka

Main Article Content

Dzitni Ilma
Febrino Febrino
Fazrul Sandi Purnomo

Abstract

Peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 2 Bangka merasa jenuh terhadap pembelajaran SKI dengan model pembelajaran ekspositori (ceramah dan tanya jawab) sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Menurut Rahman dan Wardana model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Perlu pembuktian model pembelajaran Quantum Teaching dapat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka.
Penelitian ini menggunakan mixed methods atau metode kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan metode kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka dengan jumlah 62 orang peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 orang peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 21 orang peserta didik. Instrument pengumpulan data dalam metode kualitatif menggunakan observasi, sedangkan untuk metode kuantitatif menggunakan tes yaitu Pretest (Tes Awal) dan Posttest (Tes Hasil Belajar). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis uji T pada data Pretest dan uji T pada data Posttest menggunakan Independent Sampel Test.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh yang lebih baik kepada proses pembelajaran seperti menarik perhatian peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Didapatkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 85,24 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 80,24. Hal tersebut juga dibuktikan dengan dilakukan uji hipotesis pada data posttest diperoleh hasil 0,002 yang berarti Sig (2-trailed) < 0,05. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ilma, D., Febrino, F., & Purnomo, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Negeri 2 Bangka. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 5(1), 219-227. https://doi.org/10.32923/lenternal.v5i1.4207
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)