Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kebiasaan Membaca Siswa di SD Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kebiasaan Membaca Siswa di SD Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah . pendekatan penelitian yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian siswa kelas 4 dan 5 berjumlah 168 siswa. Pengumpulan data dengan metode Angket dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dengan deskripsi data, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi antara gerakan literasi sekolah dengan kebiasaan membaca siswa. Hasil analisis diperoleh thitung = 6.158, sedangkan ttabel = 1.669 dengan N = 63 pada taraf signifikansi 0,05, berarti thitung > ttabel dengan angka 6.158 > 1.669. dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil korelasi antara variabel gerakan literasi sekolah dan kebiasaan membaca siswa bahwa Ha diterima dan Ho ditolak berjumlah 0,619. Hal ini menunjukkan hubungan yang tinggi antara gerakan literasi sekolah dengan kebiasaan membaca siswa. Hasil persamaan regresi Linear sederhana yaitu Ÿ = 16.634 + 0,575X. sehingga terbukti bahwa gerakan literasi sekolah berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan membaca siswa sebesar 38,3%. Kemudian untuk 61,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dijadikan sebagai variabel independent, seperti motivasi belajar, lingkungan anak dan lainnya.