Korelasi Penerapan Penilaian Autentik Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Dengan Prestasi Belajar Di SMAN 1 Simpang Rimba Kab. Bangka Selatan
Abstrak
Fokus penelitian ini berkenan dengan korelasi penerapan penilaian autentik mata pelajaran PAI dan budi pekerti dengan prestasi belajar di SMAN 1 Simpang Rimba kab.Bangka Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan korelasi penerapan penilaian autentik mata pelajaran PAI dan budi pekerti dengan prestasi belajar peserta didik di SMAN 1 Simpang Rimba Kab. Bangka Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasi. Populasi dar ipenelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS I di SMAN 1 Simpang Rimba Kab.Bangka Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 peserta didik. Dan sampel penelitian ini berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi. Uji hipotesis yaitu dapat membandingkan nilait hitung dengan nilai ttabel. Setelah didapat inilait hitung sebesar2.076, berdasarkan data yang telahdipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel dengan angka 2.076 > 1.697, berarti Ha diterima H0 ditolak. Namun bisa kita lihat bahwa hasil Correlations variabel X dan variabel Y. Nilai yang diperoleh sebesar 0, 377 berarti terdapat hubungan yang rendah antar penilaian autentik dan prestasi belajar. Ini berarti bahwa korelasi penilaian autentik mata pelajaran PAI dan budi pekerti dengan prestasi belajar peserta didik di SMAN 1 Simpang Rimba Kab.Bangka Selatan menunjukan korelasi yang rendah.