Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan

Main Article Content

Jayanti Mandasari
Muhammad Edy Waluyo
Eva Harista

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini sangat dibutuhkan seorang guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik sehingga dapat  mengimplementasikan  kompetensi  yang  dimiliki  di  sekolah dengan baik. Dari apa yang dilakukan guru-guru di SD Negeri 2 Fajar Indah menggambarkan bahwa implementasi dari kompetensi pedagogik guru berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dianalisis secara deskriptif  kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten   Bangka   Selatan   telah   terlaksana   dengan   cukup   baik.   Hal   ini berdasarkan   adanya   indikator   kompetensi   pedagogik   guru   yang   belum dilaksanakan dengan baik oleh beberapa guru di kelas: pertama kurangnya pemahaman guru dalam pengaturan kelas berdasarkan karakteristik peserta didik, kedua  kurangnya  pemahaman  guru  pada  indikator  pengaturan  proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi, ketiga guru menyusun silabus sesuai dengan tujuan kurikulum, keempat guru belum melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dan kurang memanfaatkan  alat bantu mengajar, kelima guru menanggapi  setiap  pertanyaan  dari  peserta  didik  dengan  tepat  dan  efektif. Keenam, penilaian yang sudah disusun serta dilaksanakan oleh setiap guru. Ketujuh, terbatasnya jenis ekstrakurikuler di sekolah. Faktor pendukung implementasi kompetensi pedagogik diantaranya pengalaman guru, disiplin, pengembangan kompetensi guru

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mandasari, J., Waluyo, M., & Harista, E. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22-30. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1275
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)