Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Mengingkatkan Aktivitas Belajar Kimia SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan aktivitas belajar kimia dengan penerapan model pembelajaran daring pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Lembar observasi aktivitas belajar meliputi aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas belajar kimia dengan penerapan model pembelajaran daring pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
This study aims to improve chemistry learning activity by implementing online learning subject matter on the solubility and solubility product substances material. This study is classified as a classroom action research and was implemented through two cycles. The data obtained in this study is quantitative data. There are three data collection techniques used in this study, observation, field notes, and documentation. The observation sheet of learning activities includes visual, oral, listening, writing activities. The results of the study show there is improvement chemistry learning activity by implementing online learning subject matter on the solubility and solubility product substances material.