PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL
Abstract
Di era globalisasi ini individu cendrung mengharapkan dirinya berkembang dan menjadi lebih baik. Perkembangan itu harus selalu diupayakan dengan berbagai cara salah satunya melalui pendidikan. Pendidikan selama ini menitik beratkan pada perkembangan karakter agar dapat menghasilkan manusia yang berkualitas. Tetapi Banyak dari individu yang mengalami kesulitan dalam berperilaku prososial di lingkungan yang baru dikarenakan individu masih kurangnya rasa empati terhadap sesama, egois, serta kurangnya tolong menolong. Oleh karena itu, permasalahan ini akan berdampak negatif bagi perkembangan individu yang tentunya akan berpengaruh pada lingkungan sekitarnya. Individu cenderung cepat berfikir dan menilai secara irasional akan dirinya bahkan orang lain atau menyakini persepsi yang belum pasti kebenarannya. Perilaku prososial sebagai suatu proses yang terjadi sepanjang hidup individu untuk melakukan penilaian atau evaluasi terhadap kualitas hidupnya. Perilaku prososial juga berkaitan sekali dengan cara berpikir, menggunakan perasaan dan berperilaku. Maka rendahnya perilaku prososial perlu mendapat penanganan khusus, sehingga perilaku prososial yang rendah dapat ditingkatkan. Maka penulis mencoba mengemukakan alternatif penyelesaian terhadap permasalahan tersebut melalui bimbingan kelompok dengan teknik outbound.