Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar IPS Di SMPN 03 Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 03 Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel terdiri dari 140 peserta didik kelas VIIc sampai VIIi dari total populasi 217 peserta didik. Data interaksi teman sebaya dikumpulkan melalui angket kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25, menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki tingkat interaksi yang moderat (65,71%), diikuti tingkat tinggi (20,71%), dan rendah (10%). Hasil belajar peserta didik diukur berdasarkan nilai Ulangan Harian Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 80. Melalui uji korelasi Spearman, ditemukan adanya hubungan negatif yang signifikan (koefisien -0,529) antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar, menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas interaksi teman sebaya, semakin rendah pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa meskipun interaksi teman sebaya penting bagi perkembangan sosial-emosional peserta didik, interaksi yang tidak diarahkan pada aktivitas pembelajaran dapat mengalihkan fokus dan berdampak negatif pada hasil belajar peserta didik.
Downloads
Copyright (c) 2025 Arjun Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work







