Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Komparatif antara Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Ocean dan Kanzul Lughah di Tulungrejo, Pare, Kediri)
Abstract
Bahasa Arab telah menjadi salah satu bahasa internasional yang banyak digunakan orang, terutama umat Islam. Dalam konteks Indonesia, tidak begitu banyak yang berhasil menguasai keterampilan berbahasa dengan lancar sebagaimana lazimnya digunakan orang-orang Arab secara resmi. Begitu pula, walaupun sudah ada berbagai institusi pendidikan bahasa Arab yang mengajarkan bahasa Arab, baik secara formal maupun informal, tapi masih sedikit di antara lembaga tersebut yang mampu menjadikan para peserta didiknya menguasai keterampilan berbahasa Arab dengan lancar dan mudah. Di antara lembaga pendidikan bahasa Arab informal yang berhasil menciptakan peserta didiknya terampil dalam berbicara bahasa Arab dengan lancar, mudah, dan fasih adalah Lembaga pendidikan bahasa Arab Ocean dan Kanzul Lughah di Tulungrejo, Pare, Kediri. Mayoritas siswa yang belajar di Ocean dan Kanzul Lughah selama dua sampai tiga bulan hampir dapat dipastikan akan mampu berbicara bahasa Arab dengan mudah dan lancar. Karena itu, artikel ini mengeksplorasi metode pembelajaran bahasa Arab di lembaga Ocean dan Kanzul Lughah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menekankan studi kasus dimana peneliti melakukan observasi, wawancara mendalam, dan diperkaya dengan analisis terhadap sumber-sumber tekstual.
Downloads
Copyright (c) 2025 Zaprulkhan Zaprulkhan, Ratna Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work