Urgensi Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Negeri 6 Pangkalpinang
Abstract
Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memaksimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) maka dapat dilakukan melalui Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM). SD Negeri 6 Pangkalpinang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas I dan IV. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kompetensi guru dalam IKM masih belum memadai, sehingga penyusunan administrasi kurikulum Merdeka belum memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam IKM melalui pelatihan mandiri pada PMM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah melalui 2 siklus perbaikan, subjek penelitian guru SD Negeri 6 Pangkalpinang dan sasaran tindakan adalah progres ketuntasan topik pelatihan mandiri pada PMM. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan, perbaikan dan tindak lanjut. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata hasil ketuntasan topik pelatihan adalah 1 orang (4%) guru yang sudah mengunggah aksi nyata. Setelah melalui proses perbaikan pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan diperoleh hasil ketuntasan sebanyak 19 orang (76%). Selama kegiatan pelatihan mandiri, peserta juga aktif memberi umpan balik melalui PMM, membuat presentasi aksi nyata di PMM dan merefleksi hasil kegiatan. Dari hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah dapat disimpulkan bahwa melalui pelatihan mandiri pada PMM dapat meningkatkan kompetensi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 6 Pangkalpinang.
Downloads
Copyright (c) 2025 Ria Anggreni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work