Membangun Pojok Baca di PAUD Lestari Desa Cendil

  • Alvin Asena Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahaman Siddik Bangka Belitung
  • Joni Mahendra Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahaman Siddik Bangka Belitung

Abstrak

Dalam konteks peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan literasi adalah hal yang mutlak untuk dilakukan pada semua jenjang pendidikan. Kegiatan literasi saat ini menjadi prioritas dalam pengembangan dunia pendidikan khususnya pada aspek menulis dan membaca. Kita dapat mengetahui suatu informasi dengan membaca, dan kita dapat menambah wawasan dan dapat berpikir secara kritis. Tanpa membaca, kita tidak bisa mengetahui apa yang terjadi di dunia, dan kita tidak dapat mengetahui ilmu-ilmu yang ada di dunia maka dari itu membaca menjadi hal penting dalamĀ  pengetahuan dan belajar mengajar. Perkembangan minat baca dan kemampuan membaca anak saat ini sangatlah memperihatinkan (2) Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif dipahami sebagai serangkaian proses penelitian yang dirancang sedemikian rupa untuk meneliti kondisi di lapangan secara objektif sebenar-benarnya (3) membuat pojok baca adalah salah satu program kerja yang akan kami buat dan kami kembangkan, Tentu bukan suatu hal yang susah karena banyaknya referensi pojok baca dari berbagai sekolah yang dibagikan melalui akun-akun media sosial, berbicara mengenai danapun tentu bukan hambatan yang berarti karena dapat memanfaatkan barang bekas dengan mengolah menjadi benda yang baru dan unik yang menjadi hiasan disudut ruangan sebagai pembatas yang menandakan sebagai sudut baca di dalam kelas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-10-13