Rumah Qur’an Itqonul Iman Sebagai Wadah Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Baca Al-Qur’an Anak-anak Di Desa Mislak
Abstrak
Program literasi Al-Qur’an merupakan kegiatan yang mendukung kemampuan siswa dalam menumbuhkan budaya baca Al-Qur’an. Fokus masalah yang dibahas yaitu bagaimana efektifitas kegiatan literasi Al- Qur’an memiliki dampak bagi siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan literasi Alquran dan mengetahui efektifitas kegiatan literasi Al-Qur’an memiliki dampak bagi siswa dalam membaca AlQur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data primer yaitu hasil wawancara dengan informan dan data sekunder yaitu data yang didapatkan dari catatan observasi, buku dan jurnal. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi Al-Qur’an dimulai dari tahapan penetapan jadwal kegiatan literasi Al-Qur’an, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan literasi AlQur’an dan yang terlibat dalam kegiatan literasi Al-Qur’an. Adapun bentuk- bentuk kegiatan literasi Al- Qur’an meliputi rangkaian kegiatan literasi Al-Qur’an, metode pelaksanaan membaca Al-Qur’an dan materi serta penilaian pada kegiatan literasi Al- Qur’an. Kegiatan literasi Al-Qur’an memberikan dampak yang baik pada siswa. Hasil dari kegiatan literasi Al-Qur’an pada siswa yaitu dengan kegiatan literasi Al-Qur’an dapat menambah minat siswa dalam membaca Al-Qur’an, kegiatan literasi Al-Qur’an memberikan motivasi kepada siswa dalam membudayakan membaca Al- Qur’an dan kegiatan literasi Al-Qur’an memberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan ayat yang dibaca.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##- All articles published in Al Quwwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Quwwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Quwwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Quwwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.