https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/issue/feed Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 2024-12-08T11:34:09+07:00 Nikmarijal tarbawiojs2@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam</strong> ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512553113" target="_blank" rel="noopener">2614-5812</a> (Electronic) is <span class="ILfuVd">peer-reviewed journal</span> and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aim is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of Islamic religious education. Its scope in Islamic education, Spiritual education, morals education, values education, and character education; the place and function of education institutions in the formation and establishment of religious identity; Islamic religious education in various belief groups, public life, and multicultural settings; Education practices at all levels of privately or publicly owned educational institutions; modern and traditional models, trends, and methods toward Islamic religious education; Islamic religious education in communities and environments outside of school; Spiritual, cultural, and social issues in education related to Islam; the effect of school identity; acceptance toward a school; school leadership, culture, and climate; or school family units on educational institutions that conduct Islamic religious education; teacher and administrator identity; and educational programs.</p> https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/4273 PENGARUH PENERAPAN LAGU TILAWAH AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL SURAT PENDEK DI MADRASAH ALIYAH PAYABENUA 2024-08-28T14:45:13+07:00 Ratna Dewi ratnadewimalik@gmail.com <p><em>Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dapat dideskripsikan secara ilmiah pengaruh penerapan lagu Tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal surah pendek siswa di Madrasah Aliyah An-Najah Payabenua. Variabael dalam penelitian ini Variabel Bebas (Independent XI</em><em> dan</em><em> Variabel Terikat (Dependent)</em><em> Y. Sumber data yang digunakan </em><em>sumber data primer dan sumber data sekunder</em><em>.</em> <em>Lokasi Penelitian ini dilakukan di</em><em> Madrasah Aliyah An-Najah Payabenua. Sedangkan populasi dan sampel dalam penelitian pada siawa di Madrasah Aliyah Payabenua yang berjumlah 30 Santri. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yakni teknik Sampling jenuh.</em> <em>Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi secara detail. </em><em>Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi serta angket. Kemudian Teknik analisis data dalam penelitian ini dibantu menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0 dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana.</em></p> <p><em>Setelah peneliti melakukan penelitian, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan lagu tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal surah pendek siswa di Madrasah Aliyah Payabenua. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana yakni nilai thitung &gt; ttabel nilainya yakni 4,900 &gt; 1,701 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, nilainya yakni 0,000 &lt; 0,05. Sehingga ditemukan pengaruh penerapan lagu tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal surah pendek siswa sebesar 46,2%. Dari hasil uji regresi linier sederhana pada penelitian ini jelas bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan lagu tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal siswa di Madrash Aliyah Payabenua. Maka hal ini dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/3928 MAHMUD YUNUS DAN PEMIKIRANNYA DALAM RANAH PENDIDIKAN ISLAM 2024-07-13T16:24:04+07:00 Ferdian Ferdian ferdianf349@gmail.com Weni Afriani weniafriani1@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemikiran Mahmud Yunus tentang pendidikan Islam, dimana Mahmud Yunus merupakan seorang cendikiawan asal Minangkabau dan tokoh pembaharu dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui literatur yang terkait yaitu jurnal, buku, dokumen dan literatur online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahmud Yunus adalah tokoh pembaharu dalam dunia Pendidikan Islam di Indonesia. Hal ini dapat dilihat atas pendidikan serta gagasan yang dikemukakan oleh Mahmud Yunus dalam melakukan pembaharuan sistem pendidikan Islam yang pada mulanya masih bersifat klasikal dan dikenal dengan istilah sorogan. Perhatian serta ketekunan Mahmud Yunus dalam membangun dan mengembangkan pendidikan Islam tersebut dapat dilihat pada berbagai aspek pendidikan yang telah dicetuskannya, seperti dari segi pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, Pendidik, Kurikulum Pendidikan Islam, Metode pengajaran serta kelembagaan pendidikan Islam. Sebagai tokoh yang ahli di bidang pendidikan Islam, Mahmud Yunus mampu membangun konsep pembaharuan dalam pendidikan yang sangat komprehensif. Di samping sebagai ahli serta praktisi pendidikan, Mahmud Yunus juga merupakan seorang pejabat Negara yang selalu memikirkan perkembangan dan kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan demikian konsep-konsep pendidikan yang dirumuskan oleh Mahmud Yunus selalu berlandaskan idealitas empiris.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/4213 LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (FILOSOFIS, PSIKOLOGIS, SOSIOLOGIS, DAN TEKNOLOGIS) 2024-08-28T14:46:50+07:00 syarifuddin Idris syariefidris0@gmail.com <p>Eksistensi landasan pengembangan kurikulum sangat penting, karena ia merupakan pijakan atau tumpuan agar kurikulum tidak mudah terombang-ambing, landasan kurikulum juga harus dikaji secara mendalam sehingga tidak <em>misperseption </em>terhadap realitas masyarakat yang menjadi subjek yang dikembangkan. Landasan kurikulum memiliki empat dimensi yaitu landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan teknologis. Landasan Filosofis pendidikan berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik, dan Masyarakat Landasan psikologis mengkaji kesamaan antara perkembangan peserta didik, kesiapan mental serta fisik dengan kompleksitas bahan ajar. Landasan sosiologis terhadap pendidikan adalah keberadaan sekolah tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat sekitarnya Landasan ilmiah dan teknologi menjadi titik tolak dalam mengembangkan kurikulum agar adaptif dengan perubahan dan tantangan zaman. Pemanfaatan keempat landasan kurikulum dalam kegiatan pengembangan kurikulum merupakan keniscayaan dalam upaya untuk mencapai tujuan pendidikan baik secara kuantitas maupun kualitas. Landasan kurikulum sebagai elemen penting dalam pengembangan kurikulum karena dimensi tersebut dijadikan sebagai acuan untuk mengkaji kurikulum sehingga tidak salah tafsir dalam mengembangkannya.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>The existence of the foundation of curriculum development is very important, because it is a foundation so that the curriculum is not easily swayed, the curriculum foundation must also be studied in depth so that there is no misperception of the reality of the society that is the subject being developed. The curriculum foundation has four dimensions, namely philosophical, psychological, sociological and technological foundations. The philosophical foundation of education is based on noble values, academic values, the needs of students and society. The psychological foundation examines the similarities between student development, mental and physical readiness and the complexity of teaching materials. The sociological basis for education is that the existence of schools cannot be separated from the surrounding community. Scientific and technological foundations are the starting point in developing the curriculum so that it is adaptive to the changes and challenges of the times. Utilizing the four curriculum foundations in curriculum development activities is a necessity in an effort to achieve educational goals both in quantity and quality. The curriculum foundation is an important element in curriculum development because this dimension is used as a reference for studying the curriculum so that there are no misinterpretations in developing it.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/4695 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PUDING BESAR (QUASI EKSPERIMEN) 2024-08-28T14:47:19+07:00 Suci Kolbia sucikolbia621@gmail.com Zayadi Zayadi zayadi@iainsasbabel.ac.id Vera Wahyuni verawahyuni@iainsasbabel.ac.id <p><em>The background of this research is the subject of Islamic Religious Education and Character Education which is considered boring and monotonous because it is often taught with less varied learning methods and models so that students have a passive nature in learning which results in a lack of student learning outcomes, especially in terms of critical thinking. . This research aims to determine the effect of implementing a type of cooperative learning model jigsaw on critical thinking skills in the subjects of Islamic Religious Education and Character in class X at SMA Negeri 1 Puding Besar.</em></p> <p><em>This type of research is a quantitative experiment with Quasi Experimental Design. The population used was all class X, totaling four classes, while the samples were taken using techniques simple random sampling is class X-1 as the experimental class and class X-3 as the control class. The data collection technique used in this research is the test (pre-test and post-test) which each amount to 10 HOTS shaped questions essay. The hypothesis test used is the t-test in the form of Independent Sample T-Test.</em></p> <p><em>The results of this research are hypothesis testing with Independent Sample T-Test Using a significance level of 5% (α = 0.05), the Sig value is known. (2-tailed) is 0.000. At the decision making criteria 0.000 &lt; 0.05, then H<sub>0</sub> rejected and H<sub>1</sub> accepted. So there is a significant influence of the type of cooperative learning model jigsaw on critical thinking skills in the subjects of Islamic Religious Education and Character in class X at SMA Negeri 1 Puding Besar.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/4706 EKSISTENSI ALUMNI PAI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR DI KECAMATAN BELINYU 2024-08-28T14:47:36+07:00 Arman Hidayat arman.88th@gmail.com Syarifah HR Dg Tujuh queenza.arsyil@gmail.com Sumar Sumar sumarstain@gmail.com <p>Penelitian ini di latar belakangi karena meningkatnya tingkat pengangguran dari tahun 2021-2022, dan belum terdatanya keberadaan alumni alumni PAI IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung di berbagai daerah, hal ini tentu menjadi kekhawatiran seiring dengan meningkatnya tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Belinyu. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui eksistensi Alumni PAI di Kecamatan Belinyu dan faktor apa saja yang mempengaruhi eksistensinya.</p> <p>Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif kualitatif, merupakan penelitian yang berkaitan langsung dengan memberikan gambaran secara detail sesuai dengan fakta yang ada dilapangan secara rinci. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, di lihat dari Eksistensi Alumni PAI Terhadap Pengembangan Karir Di Kecamatan Belinyu, dapat dinyatakan 19 alumni di Kecamatan Belinyu sudah eksis dan bekerja sesuai dengan lulusan kejuruannya, alumni juga menunjukan eksistensinya di masyarakat missalnya sebagai ketua remaja masjid, pengurus aktif Gp Anshor, penyuluh agama, dan tenaga pengajar TPA/Guru ngaji kampung. Kedua, adapun faktor yang mempengaruhi eksistensinya yaitu karena pengaruh organisasi selama kuliah dan relasi yang luas.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/4699 PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJEK BERMAIN PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA KURIKULUM MERDEKA 2024-12-08T11:34:09+07:00 Sri Wulan Sari srwulansari11@gmail.com Zayadi Zayadi zayadi@iainsasbabel.ac.id Vera Wahyuni verawahyuni@iainsasbabel.ac.id <p><em>The background of this research is when educators are still learning using lecture and assignment methods, as well as P5 activities on independent curriculum. This research aims to determine the implementation of the project play the role of Islamic religious education and character to improve motivation to learn tolerance material for class XI 10 at SMAN 1 Sungailiat. </em></p> <p><em>This research is a type of experimental research using PreExperimental Design with a One-Group Pretest-Posttest design model Design. The sample in this research was students of class XI 10 at SMAN 1 Sungaliat. Data collection was carried out using a questionnaire or questionnaire. The data in this research is instrument test analysis and analysis validity of the research object. </em></p> <p><em>The research results can be concluded by researchers that the scores obtained from the results pre-test before being given treatment, namely with an average value of 69.03 and the post-test obtained a score with an average value of 81.94. Obtained mean value The pre-test and post-test showed that there was an increase after being given it role playing project. This conclusion is also proven by the t-test hypothesis test using the paired sample test formula, a significant value of tcount &gt; ttable, namely 13.555 &gt; 2.045 and the Sig value. (2-tailed) of 0.000 &lt; 0.05 then it can be said that Ho is rejected and Ha is accepted, thus it is concluded there are differences in the results of the pre-test and post-test in the experimental class.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##