PENGARUH PENERAPAN LAGU TILAWAH AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL SURAT PENDEK DI MADRASAH ALIYAH PAYABENUA
Main Article Content
Abstract
Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dapat dideskripsikan secara ilmiah pengaruh penerapan lagu Tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal surah pendek siswa di Madrasah Aliyah An-Najah Payabenua. Variabael dalam penelitian ini Variabel Bebas (Independent XI dan Variabel Terikat (Dependent) Y. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Lokasi Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah An-Najah Payabenua. Sedangkan populasi dan sampel dalam penelitian pada siawa di Madrasah Aliyah Payabenua yang berjumlah 30 Santri. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yakni teknik Sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi secara detail. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi serta angket. Kemudian Teknik analisis data dalam penelitian ini dibantu menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0 dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana.
Setelah peneliti melakukan penelitian, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan lagu tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal surah pendek siswa di Madrasah Aliyah Payabenua. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana yakni nilai thitung > ttabel nilainya yakni 4,900 > 1,701 dan nilai signifikansi < 0,05, nilainya yakni 0,000 < 0,05. Sehingga ditemukan pengaruh penerapan lagu tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal surah pendek siswa sebesar 46,2%. Dari hasil uji regresi linier sederhana pada penelitian ini jelas bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan lagu tilawah Al-Qur’an terhadap motivasi menghafal siswa di Madrash Aliyah Payabenua. Maka hal ini dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.