LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (FILOSOFIS, PSIKOLOGIS, SOSIOLOGIS, DAN TEKNOLOGIS)
Main Article Content
Abstract
Eksistensi landasan pengembangan kurikulum sangat penting, karena ia merupakan pijakan atau tumpuan agar kurikulum tidak mudah terombang-ambing, landasan kurikulum juga harus dikaji secara mendalam sehingga tidak misperseption terhadap realitas masyarakat yang menjadi subjek yang dikembangkan. Landasan kurikulum memiliki empat dimensi yaitu landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan teknologis. Landasan Filosofis pendidikan berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik, dan Masyarakat Landasan psikologis mengkaji kesamaan antara perkembangan peserta didik, kesiapan mental serta fisik dengan kompleksitas bahan ajar. Landasan sosiologis terhadap pendidikan adalah keberadaan sekolah tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat sekitarnya Landasan ilmiah dan teknologi menjadi titik tolak dalam mengembangkan kurikulum agar adaptif dengan perubahan dan tantangan zaman. Pemanfaatan keempat landasan kurikulum dalam kegiatan pengembangan kurikulum merupakan keniscayaan dalam upaya untuk mencapai tujuan pendidikan baik secara kuantitas maupun kualitas. Landasan kurikulum sebagai elemen penting dalam pengembangan kurikulum karena dimensi tersebut dijadikan sebagai acuan untuk mengkaji kurikulum sehingga tidak salah tafsir dalam mengembangkannya.
ABSTRACT
The existence of the foundation of curriculum development is very important, because it is a foundation so that the curriculum is not easily swayed, the curriculum foundation must also be studied in depth so that there is no misperception of the reality of the society that is the subject being developed. The curriculum foundation has four dimensions, namely philosophical, psychological, sociological and technological foundations. The philosophical foundation of education is based on noble values, academic values, the needs of students and society. The psychological foundation examines the similarities between student development, mental and physical readiness and the complexity of teaching materials. The sociological basis for education is that the existence of schools cannot be separated from the surrounding community. Scientific and technological foundations are the starting point in developing the curriculum so that it is adaptive to the changes and challenges of the times. Utilizing the four curriculum foundations in curriculum development activities is a necessity in an effort to achieve educational goals both in quantity and quality. The curriculum foundation is an important element in curriculum development because this dimension is used as a reference for studying the curriculum so that there are no misinterpretations in developing it.