Pengaruh Mengikuti Program Tahfidz Qur’an Terhadap Akhlakul Karimah Anak Di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an

  • Ratna Dewi IAIN syaikh Abdurrahman Siddik Bangka belitung
Keywords: Program Tahfidz Qur'an, Akhlakul Karimah, Pondok Pesantren

Abstract

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Program Tahfidz Qur’an Terhadap Akhlakul Karimah Anak di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Desa Permis. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini mengunakan penelitian Kuantitatif. Yaitu penelitian untuk menguji suatu teori tertentu dengan meneliti keterkaitan antar variabel. Sedangkan variabael dalam penelitian ini Variabel Bebas (Independent X dan Variabel Terikat (Dependent) Y. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Lokasi Penelitian ini dilakukan di di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darussalam Permis, yang beralamat di Jl. K.H Agus Salim Desa Permis, Kecamatan Simpang Rimba. Sampel berjumlah 50 orang, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, untuk menentukan sampelnya menggunakan rumus Slovin. Kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 26 dengan uji regresi linear sederhana yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh mengikuti program tahfidz Qur’an terhadap Akhlakul Karimah anak.. Teknik sampel penelitian ini adalah teknik sampel jenuh yang terdiri dari 40 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan teknik analisis data menggunakan regrasi linear sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mengikuti program tahfidz Qur’an terhadap akhlakul karimah anak di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darussalam Permis. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh Y = (76,727 + 0,081) dengan demikian koefisien regresi bersifat positif. Signifikansi uji T diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara program tahfidz Qur’an terhadap akhlakul karimah anak.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-31
How to Cite
Dewi, R. (2023). Pengaruh Mengikuti Program Tahfidz Qur’an Terhadap Akhlakul Karimah Anak Di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 123-134. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i2.3713