PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SMALB NEGERI PANGKALPINANG

  • Karyono Karyono IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Muhammad Insan Januari
  • Juwariah Juwariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang, apa saja problematika dalam pembelajarannya, serta solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMALB Negeri pangkalpinang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. pelaksanaan pembelajaran tersebut dengan menggunakan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun problematika pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang didapati problematika dari segi problem peserta didik, problem pendidik, serta problem sarana dan prasarana. Sedangkan solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang didapati problematika dari segi problem peserta didik, problem pendidik, serta problem sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-31
How to Cite
Karyono, K., Januari, M., & Juwariah, J. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SMALB NEGERI PANGKALPINANG. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 120-131. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.3242