DINAMIKA KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM (Perbandingan Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu)

  • Husni Mubarak Tambak STAI ROKAN
Keywords: Dinamika, Kelembagaan, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan hal-hal yang berkaitan Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu. Makalah ini adalah hasil dari kajian literatur (pustaka) tentang Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Berdasarkan kurikulumnya pesantren dapat dipolakan menjadi enam pola, yaitu: 1. Pesantren Klasik, (100% mengadopsi pelajaran kitab klasik dan tidak ada pelajaran umum seperti pesantren musthofawiyah ) Dan lulusan nya memiliki tujuan untuk tafaqquh fiddin yaitu untuk mencetak para ulama (ahli agama) 2. Pesantren Semi Klasik. (90% mengadopsi kitab-kitab klasik dan 10% pelajaran umum) 3. Pesantren Modern. (50% mengadopsi kitab klasik dan 50% pelajaran umum) dan kelemahan pola pesantren ini yaitu yaitu kompetensi lulusannya separuh-separuh seperti yang penulis alami contohnya Pesantren Ahmadul Jariah  4. Pesantren Takhassus. ( pesantren peternakan atau pertanian) 5. Madrasah Berbasis Pesantren. 6. Sekolah Umum Berbasis Pesantren. Contohnya Pesantren Darul Mursyid Dan lulusan pesatren ini bukan untuk tafaqquh fiddin yaitu untuk mencetak para ulama (ahli agama) akan tetapi mencetak saintis-saintis.  Sedangkan Madrasah, Melalui SKB tiga Menteri, yaitu menteri Agama, Menteri P&K dan menteri dalam negeri. Menurut undang-undang nomor 6 tahun 1975 yang menggariskan agar madrasah pada semua jenjang pendidikannya sama posisinya dengan sekolah umum, maka haruslah 70 % pelajaran umum dan 30 % pelajaran agama. Madrasah disebut sekolah umum berciri khas islam. Sedangkan Sekolah Islam Terpadu merupakan model lembaga pendidikan yang berusaha menggabungkan antara ilmu umum dan agama dalam satu paket kurikulum yang integratif.  Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan kegiatan Tidak ada dikotomi, tidak ada keterpisahan, tidak ada “sekularisasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-17
How to Cite
Tambak, H. (2023). DINAMIKA KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM (Perbandingan Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu). Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 84-94. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.3109