STUDENT WELLBEING DALAM PENDIDIKAN ISLAM: PANDANGAN KEDEPAN DAN TANTANGANNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis konsep student wellbeing dan implementasinya dalam pendidikan Islam di era 4.0 untuk mengetahui pandangan kedepan dan tantangan yang dihadapi. Adapun jenis penelitian ini adalah library research dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan menggunakan teknik analisis isi (content analisysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam ditantang kontribusinya untuk menyiapkan generasi yang mampu bertahan serta berkompetisi di era 4.0 sehingga pendidikan Islam terus bertransformasi dan berinovasi pada semua aspeknya, namun realitanya kurang memperhatikan aspek student wellbeing yang sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Kesimpulannya, pendidikan Islam di era 4.0 seyogyanya mampu menciptakan pembelajaran yang berfokus pada kesejahteran siswa, karena jika student wellbeing baik maka siswa akan menampilkan sikap positif dan hasil belajarnya meningkat begitu juga sebaliknya.