TEORI BELAJAR BRUNER DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

  • Fazrul Sandi Purnomo IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai teori belajar Bruner dan keterampilan membaca pemahaman. Terdapat keselarasan antara teori belajar Bruner dengan membaca pemahaman. Keselarasan itu bisa diterapkan pada proses membaca pemahaman. Membaca pemahaman merupakan proses membaca yang tujuannya untuk memahami isi bacaan sehingga pembaca mampu menyampaikan informasi dari isi bacaan yang telah dibaca. Kemudian, Teori belajar Bruner adalah teori belajar yang membuat peserta didik mampu memahami proses pembelajaran karena di dalamnya terdapat proses pengalaman, pengimajinasian, dan penyimbolan. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Analisis konten merupakan metode yang mampu menganalisis segala bentuk komunikasi termasuk teks bacaan. Konten yang berupa teori dari teori belajar Bruner dan membaca pemahaman dianalisis untuk dicari hubungannya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tahap teori belajar Bruner yang terdiri dari tahap enaktif, imajinatif dan simbolik bisa diterapkan dalam keterampilan membaca pemahaman karena tahap-tahapan itu bisa disesuaikan di dalam proses membaca pemahaman serta memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memahami sesuatu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-19
How to Cite
Purnomo, F. (2022). TEORI BELAJAR BRUNER DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46 - 50. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/2353