Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan

  • Lia Safrina STAI Al-Washliyah Banda Aceh
Keywords: Karakteristik Perusahaan, Informasi Sosial

Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of corporate characteristics,consist of size of board of commisioner, leverage, corporate size, profitability and ages of corporate to corporate social responsibility disclosure. This research can explain the decision making about the corporate social responsibility disclosure done by companies. This research used purposive sampling. The sample of this research is 16 companies. Researcher used multiple regression analysis as analysis method.The Result of this research shows that profitability have significant effect to corporate social responsibility disclosure. size of board of commisioner, leverage, corporate size and ages of corporate have not significant effect to corporate social responsibility disclosure. The Result of this research shows that size of board of commisioner, leverage, corporate size, profitability and ages of corporate have not significant effect to corporate social responsibility disclosure. That mean corporate social responsibility disclosure diseffect by five variables caused behaved the law of rule No. 40 year 2007 of limited shareholder that legalized on july 2007 section 74 that obligated to corporate to disclosure informatian social responsibility.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari karakteristik perusahaan yang diproksikan dalam ukuran dewan komisaris, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas dan umur perusahaan terhadap iumlah informasi sosial yang diungkapkan oleh suatu perusahaan. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur pengambilan keputusan informasi social perusahaan pertambangan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling,  sampel yang digunakan  berjumlah 16 perusahaan. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah informasi sosial yang diungkapkan oleh perusahaan, sedangkan ukuran dewan komisaris, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah informasi sosial yang diungkapkan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan ukuran dewan komisaris, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkanpan informasi sosial perusahaan. Hal ini berarti bahwa pengungkapan informasi sosial perusahaan tidak dipengaruhi oleh kelima variabel tersebut yang disebabkan oleh diberlakukannnya Undang-Undang  Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT), yang disahkan pada 20 Juli 2007. Pasal 74 yang mewajibkan perusahaan mengungkapkan informasi sosialnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexandri, Moh. Benny.(2008). Manajemen Keuangan Bisnis. Cetakan Kesatu.

Alfabeta. Bandung.

Anggraini, Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan

Tahunan (studi empiris pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar Bursa

Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9.hal 8-10

Belkaoui,A.R. (2006). Accounting Theory. 5th Ed, Thomson. Jakarta.

Darwin,Ali.(2004). Penerapan Sustainability Reporting di Indonesia, Konvensi

Nasional Akuntansi V, Program Profesi Lanjutan, Yogyakarta. Hal. 5-8

Finch,Nigel. (2005). The Motivations for Adopting Sustainability Disclosure.

Macquaarie Graduate School of Management. Social Science Research

Network. Hal.10

Fred,Weston, J. dan Eugene Brigham. 2001.Dasar – Dasar Manajemen

Keuangan. Edisi 9. Erlangga. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan

Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati.(2003). Dasar-dasar ekonomitrika.Erlangga. Jakarta

Harahap,Syafri Sofyan (2001). Teori Akuntansi. PT Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Hendriksen, Eldon S. dan Michael F. Van Breeda. (2002). Teori akunting.

Terjemahan oleh Herman Wibowo. Buku 2. Edisi kelima.

Interaksara,Jakarta.

http://202.155.2.90/corporate_action/new_info_jsx/jenis_informasi/01_laporan_

Keuangan/ 02_soft_copy_laporan_keuangan diakses pada pukul 04.35

WIB tanggal 23 Agustus 2011.

http://www.idx.co.id. Diakses, Selasa, 23 Agustus 2011

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat,

jakarta.

Ikhsan Arfan Dan Muhammnad Ishak.(2008). Akuntansi Keperilakuan. Salemba

Empat, Jakarta.

Indriyanto,Nur Dan Bambang Supomo (2002). Metodelogi Penelitian Bisnis Untuk

Akuntansi Dan Manajemen.Usu Press, Medan

Irawan,Bambang.(2006).Faktor-faktor yang mempengaruhi kelengkapan laporan

keuanganpada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek

Indonesia (BEI). Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta. hal 25.

Komar,Seful.(2004). Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial (Social Responsibility

Accounting) dan Korelasinya dengan Akuntansi Islam, Media Akuntansi,

Edisi 42/Tahun XI, hal. 54-58.

Linda dan Maya Febrianty.(2010). Kinerja Perusahaan dalam Perspektif Agency

Theori dan Signaling Theori. Jurnal Ekonomi dan Bisnis,Vol. 9, No 2

Agustus 2010 : 190–202

Lukman,Syamsuddin.(2001). Manajemen Keuangan Perusahaan,PT.Raja

Grafindo Persada, Jakarta.

Published
2018-06-04
How to Cite
Safrina, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.993
Section
Articles