Demokrasi Perspektif Filsafat Pendidikan Barat dan Islam

  • Siti Sumadiyah Universitas Islam Kadiri Kediri Jawa Timur
  • Jumari Jumari Universitas Hasyim Asy'ari
  • Abd Haris Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Rosichin Mansur Universitas Islam Malang, Indonesia
Keywords: demokrasi, pendidikan islam

Abstract

Kajian ini mengkaji konsep demokrasi dalam perspektif filsafat pendidikan Barat dan Islam. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi prinsip-prinsip demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan dari kedua tradisi pemikiran tersebut, nilai-nilai yang terkandung, serta pengaruhnya dalam dunia Pendidikan, serta upaya memperkuat demokrasi melalui jalur Pendidikan. Dari perspektif Barat, penelitian ini menjelaskan kontribusi para pemikir seperti Rousseau, Dewey, dan Mill dalam meletakkan dasar bagi demokrasi pendidikan yang seimbang dan inklusif. Sementara itu, dalam perspektif Islam, mengulas pandangan filosofis dari beberapa tokoh seperti Al-Farabi, Ibnu Sina, ibnu Khaldun dan Al-Ghazali, menganalisa nilai-nilai demokrasi dalam Pendidikan, menyoroti kesinambungan dan integrasi nilai-nilai demokrasi dengan nilai-nilai Islam, memberikan pijakan untuk memahami bagaimana demokrasi dapat dicapai dalam konteks Pendidikan. Kajian ini berfokus pada kesinambungan dan integrasi nilai-nilai demokrasi dan Islam, serta memberikan dasar untuk memahami bagaimana keselarasan dapat dicapai dalam lingkungan Pendidikan serta menemukan titik temu antara konsep demokrasi dalam pendidikan Barat dan Islam melalui analisis komparatif yang mendetail.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daullay, M. R. (2017). Demolkrasi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. FITRAH:Julrnal Kajian Ilmul-Ilmul Keislaman, 3(1), 91–110. https://doli.olrg/10.24952/fitrah.v3i1.632

Abluldin Nata, Pemikiran para Tolkolh Pendidikan Islam (Jakarta: PT Raja Grafindol Persada, 2000)

Pasariblul, G. R., Al-Anshary, A. S., Harsana, A. P., Pratiwi, A., S, E. M., Inayah, F., Sari, K. P., Siregar, N. S., Daruls, N. F., Siregar, N. S. I., Hera, S. R., & Zullaila. (2023). Latar BLelakang Lahirnya Sistem Demolkrasi di Dulnia dan Indolnesia. Julrnal Edulcandulmedia, 02(01), 123–132. https://julrnal.insanciptamedan.olr.id/index.php/edulcandulmedia/article/view/209

Rahman, M. (2018). Demolkrasi Dalam Filsafat Pendidikan BLarat Dan Islam (Kajian Tentang Nilai-Nilai Demolkrasi Dan Implementasinya Dalam Kolnteks Pendidikan Indolnesia). CENDEKIA : Julrnal Stuldi Keislaman, 3(2). https://doli.olrg/10.37348/cendekia.v3i2.44

Sistem Pendidikan Nasiolnal, Pulbl. L. Nol. 20 (2003). https://doli.olrg/10.24967/e

Sistem Pendidikan Nasiolnal, Pulbl. L. Nol. 20 (2003). https://doli.olrg/10.24967/ekolmblis.v2i1.48

Sollihin, L., Pratiwi, I., Hijriani, I., ULtama, BL., & Gandasari, N. (2021). Memblentulk Warga Negara yang Demolkratis: Kolnstrulksi Literasi Kewargaan dalam Mata Pelajaran PPKn. In M. Saripulddin (Ed.), Pulsat Penelitian Keblijakan BLalitblangblulk Kemdikbluldristek (1st ed.). Pulsat Penelitian Keblijakan BLalitblangblulk Kemdikbluldristek. http://repolsitolri.kemdikbluld.gol.id/24912/%0Ahttp://repolsitolri.kemdikbluld.gol.id/24912/1/Pulslitjak_2021_Memblentulk_Warga_Negara_yang_Demolkratis.pdf

Wahyuldi, W. E., & Dkk. (2018). Diskulrsuls Filsafat Pendidikan BLarat dan Islam: Dari Pertarulngan Gagasan Sampai Pereblultan Makna dan Arah Pendidikan. In M. I. Jaulhari (Ed.), Mitra Karya (1st ed.). Mitra Karya.

Published
2023-12-31
How to Cite
Sumadiyah, S., Jumari, J., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Demokrasi Perspektif Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 824-830. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4220
Section
Articles